Komisioner Komnas HAM Sebut Mesin Birokrasi Harus Disiapkan

23 October 2024 - 19:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Dinilai Kabinet Merah Putih menghadapi tantangan dalam memastikan pemenuhan HAM di Indonesia. Komisioner Komnas HAM, Saurlin P. Siagian, S.Sos., M.A., menyoroti langkah-langkah yang Menteri HAM Natalius Pigai ke depannya.

"Tantangannya pasti banyak, terutama dalam mempersiapkan regulasi, kelembagaan, hingga pendanaan yang dibutuhkan. Dan Karena kementerian baru, mesin birokrasi perlu disiapkan terlebih dahulu sebelum mulai memberikan pelayanan kepada publik,“ ujarnya, dilansir dari laman RRI, Rabu (23/10/24).

Selain itu, ia juga menegaskan, bahwa permasalahan HAM di Indonesia tidak hanya terletak pada penyadaran masyarakat. Tetapi, juga pada kebijakan negara yang seringkali menjadi penyebab pelanggaran HAM.

"Perbaikan harus dimulai dari struktur politik dan kebijakan dulu. baru bicara bagaimana penyadaran yang masih di tengah masyarakat,” jelasnya.

Selanjutnya ia juga optimis walau tantangan besar menanti, kementerian ini akan memastikan pemenuhan hak dasar masyarakat. Dengan kolaborasi lintas sektor, diharapkan Kementerian Hak Asasi Manusia dapat memajukan hak asasi manusia di Indonesia.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment