Kolaborasi TNI-Polri dalam Penataan Wilayah Hadapi Potensi Ancaman

9 August 2024 - 21:00 WIB
polda riau

Tribratanews.polri.go.id - Pekanbaru. Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Pasis Sesko TNI Dikreg LII T.A. 2024 diselenggarakan di Aula Tribrata Lt. 5 Polda Riau, Kamis (8/8/24). Acara ini mengusung tema strategis, “Penataan Wilayah Pertahanan dalam Menghadapi Potensi Ancaman,” yang mengundang perhatian segenap pemangku kepentingan, mulai dari pimpinan TNI hingga aparat kepolisian, akademisi, dan perwira siswa.

Acara ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting, antara lain Komandan Sesko TNI, diwakili oleh Wadan Sesko TNI, Mayjen TNI Budi Eko Mulyono ,Kapolda Riau, Datuk Seri Jaya Perkasa Setia Negeri, Irjen Pol Mohammad Iqbal, Brigjen TNI A. Yudi Hartono, selaku pimpinan rombongan, Marsma TNI Semri Bija, Brigjen Marinir TNI Amir Kasman, Akademisi Unpad Wawan Darmawan, Wakapolda Riau, Irwasda, serta PJU Polda Riau. 

Baca Juga: Musim Kemarau, Kapolda Jambi Ingatkan Personel Selalu Siaga dalam Pencegahan Karhutla

Wadansesko TNI, dalam sambutannya menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kapolda Riau atas kesediaannya menerima rombongan. Beliau menjelaskan bahwa pelaksanaan KKDN ini dilakukan di beberapa wilayah strategis, yakni Polda Sulawesi Selatan, Polda Riau, dan Polda Sumatra Utara, dengan Polda Riau sebagai lokasi penutupan kegiatan untuk memberikan kesempatan kepada para perwira siswa dalam mencari kakak asuh di wilayah ini.

Kapolda Riau dalam pembekalannya, menekankan pentingnya kerjasama lintas sektoral dalam penataan wilayah pertahanan. Beliau menyoroti aspek-aspek penting seperti pengelolaan sumber daya, integrasi logistik, serta pendekatan sosiologis dalam penegakan hukum dan keamanan di Provinsi Riau, yang merupakan daerah dengan keberagaman etnis yang kaya.

Acara ini juga memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berdialog langsung dalam sesi tanya jawab yang dipimpin oleh Pasis KBP Suwandi. Sebagai bentuk penghargaan, dilakukan penyerahan plakat dan cinderamata antara pihak Sesko TNI dan Polda Riau, menandai sinergi yang erat antara kedua institusi dalam upaya memperkuat pertahanan nasional.

Dengan semangat kerjasama dan pemahaman mendalam terhadap potensi ancaman yang dihadapi bangsa, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi landasan kuat bagi para perwira siswa dalam mengemban tugas dan tanggung jawab di masa depan, demi menjaga keutuhan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

(mz/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment