Kisah Damara, Difabel Tunadaksa yang Diterima Seleksi Anggota Polri

29 February 2024 - 21:00 WIB
Source Foto: Istimewa

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Damara Prisma Suganda, calon siswa Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) asal Sukoharjo, Jawa Tengah, sempat tak percaya saat pertama kali mendengar kabar dirinya diterima dalam seleksi menjadi anggota Polri.

"Kaget kaya nggak percaya gitu, karena kan anggota Polri dan TNI itu kan setahu saya nggak bisa yang disabilitas, ternyata tahun ini ada aturannya," ujar Damara di Akademi Kepolisian, Semarang, Kamis (29/2/24).

Damara memiliki keterbatasan pada bagian tangan kanannya. Penyandang tunadaksa ini langsung mendengar kabar menggembirakan dari Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (Kabag SDM) Polres Sukoharjo.

Damara yang telah memiliki bekal pengalaman bekerja di lingkungan kepolisian pun antusias. 

Baca Juga: Polda Metro Pastikan Usut Tuntas Kasus Dugaan Pelecehan Rektor UP

Setelah lulus kuliah, ia segera mendaftar setelah mengetahui Polres Sukoharjo lowongan pekerjaan bagi kaum difabel. Dia pun menjadi pegawai harian lepas (PHL) operator 110 Polres Sukoharjo.

"Dulu kan ada Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan. Beliau punya program rekrutmen disabilitas, dan terpilihlah saya dari tiga orang yang mendaftar. (Pekerjaan sebagai-red) PHL Polres Sukoharjo, petugas layanan 110," jelas Damara.

Tiga tahun lamanya Damara bekerja di Polres Sukoharjo, hingga akhirnya kini mengikuti seleksi SIPSS. "Doain ya. Mohon doanya," ucap Damara sebelum mengikuti tes penelusuran mental dan kepribadian (PMK).

Anak ketiga dari empat bersaudara ini optimistis bekal akademik, prestasi olahraga dan pengalaman kerja di lingkungan Polri membawanya menjadi seorang perwira polisi. "Saya juga lulusan salah satu universitas, karena saya S1," tambah Damara.

Di samping bekerja sebagai operator 110, pria yang lahir 20 Januari 1995 ini menekuni olahraga atletik yakni lari.

"Atlet lari 2018, saya suka olahraga dari kecil. Tapi awalnya belum tau kalau di disabilitas ada wadahnya sendiri. Di 2018 ada teman yang ngajak, sejak itu mulai mendalami," terang Damara.

Ia bahkan menyabet 4 gelar juara dalam pekan paralimpik. Berikut prestasi yang telah diukirnya:

- Juara III Lari 5000 M Putra pada Pekan Paralimpik Provinsi Jateng 2023
- Juara II Lari 800 M Putra pada Pekan Paralimpik Provinsi Jateng 2022
- Juara II Lari 1500 M Putra pada Pekan Paralimpik Provinsi Jateng 2019
- Juara II Lari 1500 M Putra pada Pekan Paralimpik Provinsi Jateng 2018

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment