Ketua MPR Minta KPU Gencarkan Sosialisasi Pemilu 2024 ke Pemilih Pemula

3 May 2023 - 08:45 WIB
Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggencarkan sosialisasi untuk pemilih pemula yang akan menggunakan hak suara pada Pemilu 2024 mendatang.

Bamsoet menilai, KPU sudah saatnya memberikan perhatian khusus terhadap pemahaman pemilih pemula tentang pemilu. "Oleh karena itu, KPU perlu kembali menggencarkan program sosialisasi KPU Goes To School bekerja sama dengan beberapa sekolah tingkat menengah," ujar Bamsoet di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

KPU Goes To School merupakan program sosialisasi sadar memilih yang digagas KPU untuk siswa-siswi tingkat sekolah menengah atas atau sederajat.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Enam Tersangka Penculikan dan Penganiayaan di Sukabumi

Bamsoet menyakini program KPU Goes To School memberi kesempatan bagi penyelenggara pemilu untuk bertemu langsung dengan pemilih pemula maupun calon pemilih pemula.

Selain itu, program itu juga disebutnya sebagai strategi komunikasi yang ideal mengenai isu-isu demokrasi. "Sehingga diharapkan dengan upaya tersebut mampu meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam pemilu nantinya," tutur Bamsoet.

KPU sebelumnya telah memproyeksi jika Pemilu 2024 akan didominasi pemilih muda berusia di bawah 40 tahun, dengan jumlah sekitar 108 juta atau 53-55 persen dari total pemilih di Indonesia.

(ndt/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment