Kesiapan Hunian di IKN Dioptimalkan Jelang Perayaan 17 Agustus

17 May 2024 - 10:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Kaltim. Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Kalimantan II Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Anggoro Putro, mengatakan jelang peringatan 17 Agustus, Kesiapan hunian Aparatur Sipil Negara pertahanan dan keamanan (ASN Hankam) serta rumah dinas menteri di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus dimatangkan.

Dalam keterangannya ia mengatakan 12 dari 47 total tower hunian ASN Hankam pada akhir Juli sudah dapat ditempati. Begitu pula dengan 36 unit Rumah Tapak Jabatan Menteri yang harus selesai pengerjaannya pada akhir Juli 2024.

"Dari 12 tower yang sudah siap huni itu bukan sekedar bangunan saja melainkan full furnished dan fungsional. ASN yang datang cukup membawa pakaian" ujarnya dilansir dari laman RRI, Kamis (16/05/24).

Baca Juga: Indonesia Kecam Perintangan Pengantaran Bantuan ke Gaza oleh Warga Israel

Menurut dia, 12 tower dipersiapkan menyambut kedatangan 2.500 ASN Hankam sebagai pionir pertama yang akan bertugas pada upacara 17 Agustus 2024. Kemudian, sejalan dengan penyelesaian pengerjaan tower lainnya untuk menyambut kedatangan ASN pada September hingga Desember 2024.

Anggoro Putro, menjelaskan, 1 tower memiliki 12 lantai, namun hanya 10 lantai yang akan digunakan sebagai hunian. Sementara 2 lantai lainnya akan digunakan sebagai area komersil dan lahan parkir.

"Setiap lantai memiliki 6 unit hunian, dalam setiap unit dapat dihuni oleh 3 orang. Untuk setiap unit dengan type 98 meter persegi memiliki 1 kamar tidur utama dan 2 kamar tidur anak. Kemudian juga ada ruang keluarga dan ruang lain yang cukup luas dan lengkap dengan perabotan. Jadi, bukan 1 kamar untuk 3 orang melainkan 1 unit dapat dihuni oleh 3 orang," jelasnya.

Adapun untuk penempatan perangkat upacara, PUPR akan berkoordinasi dengan Otorita IKN dan Kemenpan RB serta pihak lainnya. PUPR juga terus mengoptimalkan pembangunan HPK tahap 2 sebanyak 14 tower untuk menampung para petugas upacara lainnya.

(fa/hn/nm

Share this post

Sign in to leave a comment