Kementerian Perhubungan Menggagas Reformasi Perencanaan Transportasi Berbasis Big Data

26 October 2024 - 10:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kemenhub (Kementerian Perhubungan), menggagas reformasi perencanaan transportasi berbasis Big Data Analytics. Hal ini dilakukan melalui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat (PPSDMPD).

“Pentingnya peran dari pemanfaatan Big Data Analytics dalam memenuhi kebutuhan akan perencanaan sistem transportasi yang lebih efisien. Pasalnya perkembangan sistem transportasi Indonesia di masa yang akan datang membutuhkan sumber daya manusia berkualitas yang siap menghadapi tantangan di era Society 5.0,” ujar, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat, Dr. Hananto Prakoso., dilansir dari laman RRI, Jumat (25/10/24).

Dalam keterangannya, ia berharap kepada para pengajar di Perguruan Tinggi di lingkungan perhubungan darat dapat mendalami pengolahan data berbasis Big Data Analytics. Sehingga dapat mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran mahasiswa dan mahasiswi di Perguruan Tinggi dan Balai Pelatihan.

“Dalam kesempatan ini, saya juga ingin menggarisbawahi pentingnya memperkuat jaringan akademik dengan cara berkolaborasi dan berinovasi antar instansi. Hal ini dilakukan untuk dapat memanfaatkan Big Data Analytics dalam studi perencanaan transportasi ke depannya,” ujarnya.

Sebagai informasi, diketahui Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Darat merupakan lembaga di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia. PPSDM Perhubungan Data ini mempunyai tugas melaksanakan pembinaan teknis dan pengembangan SDM di bidang transportasi darat dan perkeretaapian.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment