Karo SDM Polda NTT Gelar Kunjungan Ke Polres Jajaran dalam Rangka Persiapan Pilkada

13 May 2024 - 21:59 WIB
Humas Polda NTT

Tribratanews.polri.go.id - Kupang. Karo SDM Polda NTT, Kombes Pol. Satria Yusada, S.I.K., M.Si, gelar kunjungan ke Markas Komando Polresta Kupang Kota pada Senin (13/5/24).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan asistensi terkait persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan diselenggarakan serentak pada November 2024 mendatang, serta untuk membahas upaya-upaya dalam menyukseskan penyelenggaraan Pilkada.

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R.J.H Manurung, S.H., S.I.K., M.Si, menyampaikan Daftar Susunan Personel Polri (DSPP) dan kondisi reel personel Polresta Kupang Kota, serta menguraikan letak geografis dan demografi Kota Kupang kepada Karo SDM Polda NTT. Pertemuan tersebut turut dihadiri oleh para Kabag, Kasat, Kapolsek, Kasie, Kanit, dan perwira di lingkungan Polresta Kupang Kota serta Polsek jajarannya.

Kombes Pol. Satria Yusada menjelaskan bahwa jumlah reel personel Polda NTT sekitar 11.400.000 dari total sekitar 22.000.000 personel sesuai DSP Polri, yang terbagi dalam 21 Polres dan Polda NTT. Dalam rangka mempersiapkan pemenuhan personel menjelang Pilkada, Karo SDM menyarankan agar penggunaan kekuatan dari personel Polresta Kupang Kota dapat dimaksimalkan, mengingat kekurangan personel yang dialami oleh Polda NTT secara keseluruhan.

Meskipun demikian, Karo SDM menekankan bahwa kekurangan personel tidak boleh mengganggu pelayanan kepada masyarakat. Dia menegaskan pentingnya pemberdayaan personel yang ada agar pelayanan masyarakat tetap optimal dan keamanan serta ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap terjaga. Strategi yang diusulkan adalah dengan melihat letak wilayah geografis dan demografinya, serta jenis kasus yang dilaporkan oleh masyarakat, sehingga penggunaan personel dapat dioptimalkan berdasarkan kualitas bukan hanya kuantitas.

Kombes Pol. Satria Yusada juga menekankan pentingnya penerapan sistem Reward and Punishment sebagai insentif bagi anggota yang berprestasi dan sebagai dorongan bagi yang belum optimal dalam bertugas. Dia memberikan apresiasi kepada Kapolresta Kupang Kota dan jajarannya atas kinerja baik yang telah dilakukan, terutama dalam pengaturan lalu lintas di jalan raya yang melibatkan seluruh personel Polresta Kupang Kota.

"Apresiasi kepada Kapolresta Kupang Kota dan jajaran, karena anggotanya sudah menempati pos-pos yang ada, dan dalam pengaturan lalu lintas di jalan raya, tidak hanya dilakukan oleh anggota satuan lalu lintas, namun juga oleh seluruh personel Polresta Kupang Kota," ungkap Kombes Pol. Satria Yusada

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment