Kapolri Terima Laporan Sejumlah Petugas KPPS Kelelahan

14 February 2024 - 16:56 WIB
Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo menerima laporan adanya sejumlah anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024 yang kelelahan.

"Jadi tentunya kita melihat fenomena di 2019 banyak petugas yang kelelahan, kecapekan, sehingga di hari tenang kemarin kami minta kepada petugas, baik Polri tentunya bersama-sama TNI dan petugas TPS, untuk dicek ulang kesehatan sehingga kita memastikan bahwa kondisi mereka pada saat nanti melaksanakan tugas dalam kondisi baik," ujar Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Rabu (14/2/24).

Baca Juga: Kapolri dan Panglima TNI Cek Pengamanan TPS

Kendati demikian, Kapolri tak merinci jumlah petugas KPPS yang kelelahan itu. Ia hanya menerima informasi dari petugas yang tengah bertugas.
Lebih lanjut, ia menyampaikan ada beberapa TPS yang direlokasi karena terkendala bencana alam. Kapolri pun memastikan pihaknya akan mengamankan agar proses relokasi TPS berjalan aman dan lancar.

"Kemudian terkait dengan pengamanan tadi disampaikan oleh Bapak Panglima bahwa tentunya terkait dengan relokasi distribusi ada MoU, antara KPU dengan Kepolisian, antara KPU dengan TNI ataupun institusi lain sehingga tentunya kita melaksanakan MoU tersebut dengan berbagai macam kegiatan sehingga kita mengharapkan hari ini semaksimal mungkin kegiatan pemilihan suara dapat berjalan walaupun memang dilaporkan ada beberapa yang harus melaksanakan PSU seperti di luar negeri, Malaysia, kemudian Papua, kemudian di beberapa wilayah karena banjir," jelas Kapolri.

"Namun, tentunya dengan MoU yang ada TNI Polri mengamankan termasuk juga mempersiapkan sarana-sarana kesehatan yang bisa digunakan selain oleh Polri, TNI oleh temen-temen KPPS ataupun mungkin seluruh masyarakat yang membutuhkan," tambah Kapolri.

(ndt/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment