Kapolda Sumut: Tidak Profesional dalam Tugas dapat Mencoreng Citra Polri

15 July 2020 - 19:16 WIB
Tribratanews.polri.go.id-Medan. Kapolda Sumut, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin Siregar, M.Si., mengatakan, pelaksanaan tugas yang tidak profesional dapat menyebabkan tercorengnya citra Polri. Selain itu, ketidakprofesionalan dapat juga menurunkan kepercayaan masyarakat kepada Polri sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat.

Hal itu disampaikan Kapolda Sumut saat memberikan pengarahan kepada personil Polrestabes Medan di Rupattama Mapolrestabes Medan, Selasa (14/7/20).

“Di era kemajuan teknologi informasi saat ini, masyarakat dapat mengetahui segala berita dengan cepat melalui media sosial. Masyarakat langsung dapat memberikan penilaian kinerja anggota Polri tersebut positif atau negatif,” ungkap Irjen Pol Martuani.

Irjen Pol Martuani menyebut, di zaman sekarang ini tidak lagi dibenarkan untuk melakukan kekerasaan dan intimidasi, petugas harus mengedepankan sikap yang humanis kepada masyarakat.

Kapoldasu mengingatkan personil yang bertugas di bagian Reserse juga harus paham dalam menangani kasus-kasus tindak pidana.

“Dalam melaksanakan penindakan penegakan hukum, harus mempertimbangkan tingkat kejahatan yang dilakukan oleh pelaku kejahatan. Mengutamakan aspek keselamatan anggota di lapangam serta masyarakat,” tutur mantan Kapolda Papua itu.

Jenderal Bintang Dua itu juga mengajak seluruh personil untuk mencintai organisasi Polri. Jati diri sebagai anggota Polri diwujudkan dalam kecintaan dan pengabdian kepada masyarakat. Hal tersebut, Kapolda menyebut, dapat ditunjukkan melalui loyalitas pelaksanaan tugas yang baik, seperti penyataan bapak Kapolri, Jenderal Pol. Drs. Idham Azis, M.Si., yaitu loyalitas tak bertepi.

Sebagai orang nomor satu di jajaran Polda Sumut, Irjen Pol. Martuani berpesan agar seluruh personil berubah dan berbenah diri menjadi lebih baik. Selain itu, jangan sampai dalam setiap pelaksanaan tugas mencederai perasaan masyarakat yang dapat mencoreng citra Polri khususnya citra Polda Sumut.

“Kepada para komandan terutama Kapolsek agar tetap kompak pada pelaksanaan tugas yang baik. Tetap berlomba untuk menunjukkan prestasi dalam bekerja. Serta mengedepankan sikap yang profesional, modern dan terpercaya,” harap mantan Asops Kapolri itu.

Irjen Pol Martuani Sormin Siregar menegaskan, personel Polri harus mengedepankan sikap humanis dan sopan santun. Selain itu harus memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman yang terbaik untuk masyarakat.

Pelaksanaan pengarahan Kapolda Sumut kepada personil Polrestabes Medan dan jajaran berjalan lancar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kegiatan pengarahan ini turut dihadiri oleh Wakapolda Sumut Brigjen Pol Dadang Hartanto, PJU Polda Sumut, Kapolrestabes Medan, Kapolresta Deliserdang, Kapolres Binjai, Kapolres Langkat, Kapolres Pelabuhan Belawan, PJU Polrestabes Medan serta personil Mapolrestabes Medan.

(ng/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment