Kapolda Papua: Upaya Maksimal Pembebasan Pilot Susi Air Terus Dilakukan

25 May 2023 - 11:30 WIB
Foto: Dok. Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri memastikan upaya maksimal penyelamatan Pilot Susi Air Capt. Philip Mark Mehterns yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kelompok Egianuas Kogoya terus dilakukan.

“Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini termasuk dengan pihak Gereja yang didalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya,” jelas Kapolda Papua dalam keterangan tertulis, Kamis (25/5/23).

Kapolda mengatakan bahwa saat ini Satgas Damai Cartenz juga sedang menyiapkan langkah-langkah penegakan hukum yang tepat, tegas, dan terukur. Namun, negosiasi tetap dilakukan bahkan dengan siapapun.

Baca Juga:  Gunung Merapi Keluarkan 4 kali Guguran Lava Pijar

“Tentunya negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja, saya membuka diri untuk semua pihak, yang dari awal yakni pihak pemerintah Nduga bekerja sama dengan kapolres, kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kapolda memaparkan, tim khusus sudah dikerahkan untuk berupaya dalam melakukan negosiasi dan memfasilitasi semua pihak yang ingin membantu. Ia pun menyampaikan harapannya agar negosiasi tetap menjadi cara yang akan membebaskan Pilot Philip

“Saya berharap negosiasi tersebut menghasilkan hasil yang baik, kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus bisa mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik. Semua sedang berjalan dan dari pihak gereja nantinya akan kita bantu salah satunya pihak Gereja Kingmi yang nantinya akan mengutus orang kepercayaannya untuk melakukan negosiasi tersebut,” ujarnya.

(ay/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment