Kapolda Papua Pastikan Negosiasi Pembebasan Kapten Phillip Terus Dilakukan

7 February 2024 - 22:13 WIB
Dokumentasi Antara

Tribratanews.polri.go.id - Papua. Kapolda Papua Irjen. Pol. Mathius D. Fakhiri menegaskan, keselamatan pilot Phillips Mark Marthens yang saat ini masih ditawan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya masih menjadi fokus utama.

"Berbagai langkah sudah dilakukan baik oleh Pemda Nduga maupun TNI-Polri dengan tetap mengedepankan negosiasi,” ungkap Kapolda dikutip dari Antara, Rabu (7/2/24).

Kapolda menegaskan, berbagai langkah yang dilakukan untuk membebaskan Phillip Mark Mehrtens telah dilakukan. Hal itu juga telah dijelaskan kepada Duta Besar Selandia Baru untuk Indonesia Kevin Jeffery Burnet saat berkunjung.

Baca Juga: 14 Februari, Menaker Ida Imbau Pengusaha Beri Kesempatan ke Pekerja untuk Nyoblos

Ia mengakui, walaupun penyanderaan sudah berlangsung setahun, namun pihaknya tetap mengedepankan negosiasi. Diharapkan, Phillip Mark Mehrtens dibebaskan dalam keadaan selamat .

"Kami membutuhkan kesabaran dari semua pihak, termasuk teman-teman wartawan, karena TNI-Polri yang dibantu semua unsur baik itu tokoh masyarakat, tokoh gereja terus berupaya membebaskan Phillip," jelas Kapolda.

Diakui Kapolda, dalam pertemuan tersebut Dubes Selandia Baru menyatakan dukungannya terhadap kedaulatan dimana Papua adalah bagian tidak terpisahkan dari RI. Dengan adanya dukungan tersebut maka apa yang disampaikan Benny Wenda dan Sebby Sembon tidak berdasar

"Tidak ada negara-negara yang memberikan dukungan bagi isu Papua merdeka di luar negeri sehingga apa yang disampaikan dengan menggunakan isu Papua, isu politisasi untuk kepentingan Papua merdeka ini harus berhenti, dan TNI-Polri bersama para pihak akan terus berupaya membebaskan sandera hingga bebas dalam keadaan selamat,” ungkap Kapolda.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment