Kapolda Papua Apresiasi Kreativitas Pemuda Yoboi Jadikan Kampung Wisata

20 July 2020 - 08:49 WIB
Tribratanews.polri.go.id – Jayapura. Kapolda Papua, Irjen. Pol. Drs. Paulus Waterpauw mengapresiasi kreativitas warga dan pemuda yang menjadikan Kampung Yoboi, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, sebagai salah satu destinasi wisata kampung.

"Saya merasa terharu sekali pada saat tiba di Yoboi, yang mana saya melihat kampung itu adalah gambaran kampung yang hampir mirip dengan Kampung Asmat," jelas Kapolda di Jayapura, Papua, Minggu (19/07/2020).

Menurut Kapolda, pola pembangunan yang paling tepat saat ini adalah pembangunan yang di mulai dari kampung, sehingga bisa mengangkat berbagai kearifan lokal dan bisa mendatangkan manfaat ekonomi bagi warga setempat.

"Saya sangat apresiasi pemuda-pemuda di Kampung Yoboi yang telah berkreatif menciptakan kampung ini menjadi kampung wisata sehingga menciptakan kampung yang bermartabat dan sangat di hargai oleh masyarakat di perkotaan," lanjut Kapolda.

Sehari sebelumnya, mantan Kapolda Papua Barat dan Sumatera Utara itu menghadiri peresmian taman pintar dan penanaman bibit pohon sagu serta bakti sosial di Kampung Yoboi yang beberapa pekan terakhir ini viral di media sosial, karena jembatan kampungnya yang juga sebagai tambatan perahu di cat warna-warni oleh pemuda dan warga setempat.

Jenderal Bintang Dua tersebut memberikan wejangan dan pesan-pesan kepada warga Kampung Yoboi khususnya kaum muda setempat.

"Saya berpesan untuk para pemuda, buatlah ide-ide kreatif di kampung dan ide-ide itu harus bersinergi dengan Kepala Kampung, Kadistrik, dan Pemda setempat sehingga ide-ide tersebut dapat terealisasi di lapangan dengan baik. Sekali lagi saya mengucapkan selamat kepada para pemuda yang telah berkreatif dan berhasil mengubah Kampung Yoboi menjadi kampung wisata dan telah viral sehingga seluruh masyarakat luas telah mengetahui dan telah berkunjung," jelasnya.

"Orang-orang berhasil adalah yang telah melewati berbagai kesulitan dan mereka berhasil melewati kesulitan tersebut sehingga mereka menjadi orang yang berhasil dalam bidangnya, dan gunakanlah semangat seperti itu untuk membangun Kampung Yoboi ini dan saya yakin kalian bisa lebih dari saat ini yang kalian raih," lanjutnya.

Kapolda juga mengingatkan soal pencegahan virus corona atau COVID-19.

"Kita harus tetap melakukan protokol kesehatan yakni dengan menggunakan masker apabila beraktivitas di luar, jaga jarak, rajin cuci tangan dengan sabun, dan mengkonsumsi suplemen vitamin serta penerapan hidup sehat yakni makan sehat, olah raga dan istirahat cukup," pungkas Kapolda.

Secara terpisah, Kepala Kampung Yoboi Sefanya Wally mengaku bangga dan senang bahwa kampung tersebut bisa dikunjungi oleh salah satu pemimpin di tanah Papua.

Ia memperkenalkan bahwa Kampung Yoboi telah disepakati bersama sebagai kampung wisata bahari serta pengembangan tanaman sagu di Kampung Yoboi yang saat ini sedang kembangkan.

"Dengan melihat banyaknya para tamu wisata yang datang ke Kampung Yoboi ini maka kami merasa bangga dengan hasil kreativitas para pemuda Kampung Yoboi dan kami selaku orang-orang tua akan mendukung dengan kreativitas para pemuda yang telah menciptakan Kampung Yoboi sebagai kampung wisata," katanya.

Kampung Yoboi, terletak di pesisir Danau Sentani yang bisa diakses dari dermaga Kalkote Distrik Sentani Timur, atau pun dari dermaga Yahim, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, dengan menggunakan perahu atau speed boat.

(my/bq/hy)    

Share this post

Sign in to leave a comment