Kapolda NTB Tinjau Lokasi Banjir dan Longsor di Lombok Barat

8 December 2021 - 09:15 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Mataram. Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Irjen. Pol. Muhammad Iqbal, S.I.K., M.H., meminta agar keamanan dan keselamatan warga terdampak bencana banjir dan tanah longsor diutamakan.

"Sejak kemarin kami sudah melakukan upaya-upaya kemanusiaan kepada masyarakat, baik yang ada di Lombok maupun di Bima. Yang paling utama kami memberikan pertolongan dan pengayoman kepada masyarakat yang terdampak akibat bencana ini," kata Kapolda NTB dalam keterangan tertulis, Selasa (7/12/2021).

Kapolda NTB meninjau lokasi banjir bandang dan tanah longsor di Dusun Batulayar Utara, Desa Batulayar, Kecamatan Batulayar, Lombok Barat (Lobar). Iqbal mengecek proses pencarian satu lansia yang hilang sempat hilang dan akhirnya ditemukan tewas, H Suri (65).

"Saya berpesan, warga selamat, warga yang luka-luka harus dipastikan aman dan dilayani kebutuhannya, dipenuhi kebutuhannya baik pakaian, makanan, obat-obatan. Semua yang bisa kami lakukan, lakukan yang terbaik agar tak ada lagi jatuh korban jiwa karena kondisi kesehatan menurun," terang Kapolda NTB.

Tim SAR gabungan TNI- Polri, Basarnas, dan relawan sejak bencana datang, melakukan proses pencarian korban hilang, evakuasi korban tewas dan luka tanpa henti.

"Dari pagi, kami sudah kerahkan anggota untuk melakukan pencarian korban yang hilang tersebut," ucap dia.

Kapolda NTB menyusuri area bekas banjir bandang yang kini tertutup lumpur setinggi 15-25 cm. Material yang terseret banjir bandang, seperti batang pohon dan ranting kayu, masih berserakan di lokasi.

"Tenda-tenda darurat, dapur umum, pos kesehatan sudah didirikan di beberapa titik banjir di Lombok Barat. Selain itu, sejumlah bantuan juga sudah disalurkan ke warga terdampak sejak kemarin," jelas Kapolda NTB.

Share this post

Sign in to leave a comment