Kapolda Malut Dorong Netralitas Anggota Dalam Menghadapi Pesta Demokrasi 2023-2024

28 November 2023 - 21:00 WIB
Polri

Tribratanews.polri.go.id - Malut. Kapolda Malut, Irjen. Pol. Midi Siswoko, S.I.K., memberikan pembekalan kepada personel PAM dalam rangka Kampanye Operasi Mantap Brata Kie Raha 2023-2024. Acara berlangsung di Aula Patria Tama Ditlantas Polda Malut, Senin (27/11/23).

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Wakapolda Malut, Brigjen. Pol. Samudi, S.I.K, M.H., dan Para pejabat Utama Polda Malut atau yang mewakili, Juga turut serta Pamen Dan Pama Polda Malut beserta para peserta Pembekalan PAM Kampanye Operasi Mantap Brata Tahun 2023-2024.

Mantan Direktur Energi dan Kependudukan BIN ini menyebutkan bahwa pentingnya netralitas anggota dalam menghadapi pesta demokrasi.

Baca Juga: Polda Jateng Lakukan Pengamanan Terhadap Empat Tim Yang Lolos Putaran Semi Final U17

“Seluruh anggota diharuskan tetap netral dalam bersikap terhadap siapapun yang menang karena mereka adalah putra-putra Bangsa terbaik,serta anggota agar tidak terpengaruh oleh berita-berita hoax,” ujarnya.

Jenderal bintang dua tersebut menyampaikan keprihatinan terkait wilayah-wilayah rawan, khususnya Jawa Barat, papua, termasuk Maluku Utara, dalam rangka mengamankan proses kampanye, Kapolda mendorong tindakan preventif dan penggalangan data dengan kerjasama instansi terkait.

Selanjutnya ia mengatakan khususnya untuk Maluku Utara, tingkat kebahagiaan masyarakat yang tinggi. Ini dianggap sebagai keuntungan untuk melakukan penggalangan dengan pendekatan sesuai budaya setempat.

Untuk itu, Tindakan preventif, seperti penggalangan dengan kerjasama instansi terkait, diperlukan untuk mengumpulkan data-target penggalangan.

Irjen. Pol. Midi Siswoko, mengingatkan agar Kasatwil melakukan penggalangan dengan pendekatan sesuai karakteristik warga setempat, khususnya di wilayah yang rawan.

“Tanggung jawab kita adalah majukan Maluku Utara dari zona rawan menjadi zona yang aman. Jangan terpengaruh intervensi manapun dan hindari terprovokasi di media sosial,” jelasnya.

Di akhir kesempatan ia juga mengingatkan tentang kejadian di Bitung, Sulawesi Utara, yang terprovokasi oleh isu agama dan media sosial, Ia berharap agar anggota tidak terprovokasi dan dapat menjaga ketertiban di wilayah Maluku Utara.

Dengan pembekalan ini, diharapkan keberhasilan Operasi Mantap Brata Kie Raha 2023-2024 dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjaga keamanan dan ketertiban selama masa kampanye.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment