Kapolda Kaltara Pimpin Langsung Pencarian Kapal Patroli Kapodang-5001 yang Tenggelam di Perairan Pulau Tibi

12 August 2020 - 11:31 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Tana Tidung. Kepala Kepolisian Daerah Kalimantan Utara Irjen. Pol. Drs. Bambang Kristiyono, M.Hum. memimpin langsung pencarian Kapal Cepat (speed boat) Kapal Patroli (KP) Kapodang-5001 yang tenggelam dan mengakibatkan 3 personel Polisi hilang saat melakukan pantau lokasi di laut Pulau Tibi, Kabupaten Tana Tidung, Provinsi Kalimantan Utara, Senin(10/08/2020).

Dalam penjelasannya, Kabid Humas Polda Kaltara Kombes Pol. Berliando SIK, mengatakan bahwa insiden tenggelamnya Kapal Patroli Polisi Kapodang 5001 yang terjadi pada Sabtu (8/8/2020) malam yang mengakibatkan 6 personel Kepolisian dari Mabes Polri yang di BKO-kan dalam sebuah misi di Kaltara, masing masing Bripka Ujang Walia, Brigpol Amrulloh, Bharada Rivaldy U’jae ditemukan selamat namun Brigpol Ivan Bilasman, Bharatu Yoseph Arianto dan Bharatu Donni Budi Santoso masih dalam proses pencarian.

"Keberangkatan Kapal Polisi Kapodang 5001 adalah untuk melakukan patroli rutin sekaligus pantau lokasi di perairan antara Juwata Tarakan ke arah Pulau Tibi Kabupaten Tana Tidung terhadap target operasi kasus tertentu dan untuk misi pengintaian. Tapi sayangnya di tengah perjalanan menuju patroli atau sekitar pukul 23.00 Wita, cuaca berubah ekstrem yang mengakibatkan terempasnya kapal bermesin 40 PK tersebut. Petugas piket yang memantau KP. Kapodang -5001 juga mengatakan sempat hilang kontak antara pukul 00.00 – 06.00 Wita," tambah Kabid Humas Polda Kaltara.

"Saat ini proses pencarian akan dilakukan bapak Kapolda bersama Wakapolda Kaltara dan Dirpolair Baharkam Polri serta melibatkan 12 personel, satu RIB, satu kapal tipe C2, dan satu speedboat milik Ditpolairud Polda Kaltara. Ketiga personel yang kami temukan selamat sekarang sudah sehat, sementara tiga personel yang masih diupayakan dalam pencarian yang terus berlanjut, terkait apakah akan ada penambahan tim dan pencari armada, Kapolda dan Dirpolair Mabes Polri akan membahas itu hari ini," pungkas Kabid humas Polda Kaltara.

(sm/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment