Kakorlantas: Tak Ada Jejak Rem di TKP Kecelakaan Subang

12 May 2024 - 15:34 WIB
Dok. Polri

Tribratanews.polri.go.id - Subang. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen. Pol. Aan Suhanan turun langsung ke lokasi kecelakaan bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana asal Depok yang terguling di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Dari pengecekan itu, tidak ditemukan jejak rem pada bus pariwisata.

"Jadi kalau kita lihat dari TKP yang ada ini tidak ada jejak rem dari bus tersebut, yang ada itu bekas ban ya ban satu bagian diduga itu ban kanan keadaan miring itu ada beberapa meter di situ kemudian sampai titik terakhir di depan menabrak tiang listrik ini tidak ada jejak rem sama sekali," ujar Kakorlantas, Minggu (12/5/24).

Menurut Kakorlantas, hingga saat ini pihaknya tengah memfokuskan untuk menyelidiki penyebab insiden kecelakaan, apakah memang rem yang tidak berfungsi atau pengemudi yang mengalami panik.

"Kita selidiki ya kenapa tidak ada jejak rem apakah remnya tidak berfungsi atau pengemudi panik dan lain sebagainya ini perlu kita selidiki makanya kita olah TKP di sini nanti sampai tuntas," ungkapnya Kakorlantas.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Maluku

Ditambahkan Kakorlantas, pemeriksaan tingkat kerusakan juga akan dilakukan. Sehingga, dapat disimpulkan penyebab kejadian kecelakaan itu secara komprehensif.

Ia juga menyatakan, pengecekan akan melibatkan ahli untuk memeriksa teknis kendaraan. Usai olah TKP di lokasi kejadian, juga akan dilakukan olah TKP dari kerusakan kendaraan baik bus maupun mobil warga yang ditabrak sebelum bus terguling.

"Setelah olah TKP di sini, kita akan olah TKP dari kerusakan kendaraan, baik itu kendaraan Daihatsu Feroza, kendaraan bus, nanti disitu akan kelihatan dari bekas tumbukan, akan kelihatan kecepatan daripada bus tersebut," jelasnya.

Kakorlantas mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap para saksi untuk memastikan penyidikan selanjutnya. Kemudian, hasil penyelidikan akan disimpulkan melalui gelar untuk menganalisa apakah cukup untuk dinaikkan ke penyidikan hingga penetapan tersangka.

Setelah meninjau lokasi TKP kecelakaan, Kakorlantas mengunjungi RSUD Subang tempat korban kecelakaan dirawat. Dari tim Dokkes Polda Jabar menyatakan telah mengidentifikasi syarat keseluruhan korban meninggal.

“Ada satu yang sudah diambil oleh keluarga dari Subang ini kemudian yang 10 ini nanti setelah di identifikasi selesai akan dibawa ke Depok," jelasnya.

Duka cita pun disampaikan Kakorlantas atas kecelakaan bus yang mengangkut rombongan siswa SMK Lingga Kencana asal Depok. Ia mengimbau semua pihak yang akan menyewa bus pariwisata agar mengecek terlebih dahulu perizinan dan kondisi bus.

"Dari kepolisian menyampaikan perhatian atas Kejadian ini dan kita menyampaikan berduka cita terhadap para keluarga korban yang meninggal dunia," ujar Kakorlantas.

(ay/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment