Kakorlantas Polri Prediksi Arus Mudik Lebaran Tahun Ini Alami Lonjakan Signifikan

16 March 2022 - 19:00 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Korlantas Polri memastikan telah mempersiapkan berbagai strategi dalam mengatasi lonjakan arus mudik pada lebaran Idul Fitri 2022. Kini 1 bulan menjelang arus mudik, berbagai pengecekan dan persiapan pun telah dilakukan. Termasuk menyoal kebijakan pada arus mudik mendatang. “Kebijakan umum pasti nanti akan disampaikan oleh pemerintah untuk mudik 2022,” jelas Kakorlantas Polri, Irjen. Pol. Firman Shantyabudi.

Irjen. Pol. Firman Shantyabudi tak menampik apabila pada musim mudik kali ini diprediksi akan terjadi lonjakan arus mudik yang signifikan, mengingat pada musim mudik Lebaran sebelumnya, banyak masyarakat yang tidak bisa bepergian akibat pandemi COVID-19 dan adanya larangan mudik.

Karena itu, berbagai skema rekayasa lalu lintas pun terus dipelajari dan dipersiapkan Korlantas Polri guna mengantisipasi lonjakan arus mudik. “Tentu saja one way, contra flow, dan sebagainya akan jadi opsi saatnya nanti,” jelas Kakorlantas.

Jenderal Bintang Dua tersebut juga menyampaikan bahwa seluruh skema rekayasa lalu lintas itu, akan diberlakukan secara situasional, bergantung pada situasi dan kondisi saat arus mudik nanti. Tentu saja, selama pengamanan arus mudik Lebaran nanti, Kepolisian juga akan berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya, seperti Dinas Perhubungan hingga TNI.

Irjen. Pol. Firman Shantyabudi juga mengimbau agar para calon pemudik mempersiapkan kondisi kendaraannya serta kondisi fisik sebelum melakukan perjalanan mudik. Ini penting guna menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar.

“Oleh karena itu sangat diharapkan kerja sama semua pihak termasuk masyarakat yang akan mudik, dalam menciptakan suasana mudik yang tertib, aman, dan lancar,” terang Kakorlantas.

Share this post

Sign in to leave a comment