Jelang Ramadan, Kapolda DIY Sidak ke Aldamidi Periksa Stok Bahan Pangan Hingga ke Gudang

30 March 2022 - 22:54 WIB

Tribratanews.polri.go.id – Sleman. Kapolda DIY Irjen. Pol. Drs. Asep Suhendar, M.Si., menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Alfamidi Jalan Kaliurang Sleman. Tidak hanya melihat stok bahan pangan yang didisplai, Asep Suhendar juga memeriksa gudang pusat perbelanjaan tersebut, dengan diikuti tim Satgas Pangan DIY dan awak media, pada Selasa (29/03/22).


Di sela sidak, Kapolda DIY mengatakan, pihaknya terus melakukan pemantauan ketersedian bahan pangan termasuk minyak goreng di berbagai pusat perbelanjaan. Pemantauan dimaksudkan untuk memastikan persediaan bahan pangan mencukupi, menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

“Kami bersama Satgas Pangan DIY selama ini sudah melakukan 44 kali pemantauan. Hasilnya semua kebutuhan pokok terpenuhi bahkan lebih. Termasuk minyak goreng,” ujar Kapolda DIY.

Jenderal Bintang Dua itu mengatakan, sidak digelar untuk memastikan kebutuhan bahan pokok masyarakat selama Ramadan dan lebaran nanti aman. Melihat sejauh ini suplai dan ketersediaan bahan pangan cukup, Asep meminta masyarakat tidak khawatir dan berbelanja secara wajar.

“Kami juga akan menindak tegas setiap pelaku yang melakukan kecurangan, penyimpangan atau pelaku penimbunan pangan. Kami komitmen melakukan pemantauan setiap hari. Selama ini hasil pantauan masih wajar dan tidak ada kekosongan stok seperti di toko ritel ini,” terang Kapolda DIY.

Dalam setiap sidak, aparat kepolisian kata Kapolda, juga memantau potensi kecurangan yang mungkin terjadi dan dilakukan oleh orang-orang tertentu. Misalnya pengemasan ulang minyak curah sawit ke dalam kemasan. Tindakan ini, katanya, melanggar aturan UU 18/2012 tentang Pangan dan Perpres 71/2015 tentang Penyimpanan Bahan Pokok dan Penting.

Share this post

Sign in to leave a comment