Jadi Daya Tarik, Menparekraf Nilai Palembang Miliki Potensi Ekraf Andalan

17 September 2024 - 15:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A., menilai Palembang memiliki potensi ekraf yang kuat, terutama di subsektor kuliner. Sebab, berdasarkan penilaian mandiri kabupaten/kota kreatif Indonesia kuliner Kota Palembang terpilih sebagai subsektof ekraf andalan.

“Hal ini bisa menjadi atraksi tersendiri untuk menarik kedatangan wisatawan ke Sumatera Selatan khususnya ke Palembang. Sekitar 66 persen orang yang berwisata itu mereka selalu mencari kuliner khas lokal,” ujarnya, dilansir dari laman RRI, Selasa (17/9/24).

Dalam keterangannya ia juga mengajak para pelaku ekraf di Palembang untuk mengembangkan potensi ekraf unggulan yang ada di daerahnya semaksimal mungkin. 

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Kawasan Indonesia Islamic Financial Center

Oleh karena itu, ia mengusulkan agar Palembang bisa mengajukan menjadi kota kreatif UNESCO agar bisa membuka peluang usaha yang lebih luas.

“Hal ini perlu kolaborasi yang kuat antara pemerintah, pelaku ekraf dan masyarakat untuk meningkatkan potensi ekraf yang ada di Palembang. Pasalnya, Pemerintah tidak bisa bergerak sendiri, oleh karena itu kita harus bersinergi," ujarnya.

Diakhir kesempatan ia mengatakan ekosistem parekraf yang kuat menjadi kunci utama untuk mengembangkan dan memasarkan potensi-potensi yang ada di Palembang.

“Jadi untuk pemasaran ini kita bisa berkolaborasi, maka ekosistem (parekraf) harus dibangun," tutupnya.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment