Irjen. Pol. Karyoto Pimpin Upacara Hari Juang Polri

21 August 2024 - 14:52 WIB
Dokumentasi Polda Metro Jaya

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Karyoto memimpin upacara hari Juang Polri di Lapangan Presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Rabu (21/8/24). Upacara ini diselenggarakan dengan tema “Dengan semangat hari juang Polri yang presisi siap mengabdi demi terwujudnya Indonesia Emas 2045”.

Irjen. Pol Karyoto mengungkapkan, hari juang yang diperingati hari ini telah ditetapkan oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo dalam peraturan Kapolri Nomor 95/I/2024 tentang Hari Juang Polri tanggal 22 Januari 2024. Kemudian, sesuai Keputusan Kapolri Nomor: KEP/1325/VIII/2024 tanggal 12 Agustus 2024 tentang Tata Upacara Hari Juang Polri.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 4.9 Guncang Wilayah Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara

“Proklamasi Polisi, untuk bersatu dengan rakyat dalam perjuangan mempertahankan Proklamasi 17 Agustus 1945, dengan ini menyatakan Polisi sebagai Polisi Repoeblik Indonesia. Surabaya, 21 Agustus 1945. Atas nama seluruh warga Polisi, Moehamad Jasin, Inspektur Polisi Kelas I,” jelas Irjen. Pol. Karyoto dalam pembacaan naskah Proklamasi Polisi.

Ia menyebut, dari peristiwa bersejarah ini dapat dipetik pelajaran di mana polisi merupakan bagian dari Republik Indonesia dan Polisi lahir dari masyarakat. Dengan demikian, 0olisi juga ikut berjuang dalam merebut maupun mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara Hari Juang Polri ini menjadi simbol komitmen Polri untuk terus mengabdi kepada masyarakat dan negara, menjaga keamanan serta ketertiban dalam rangka mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

(ay/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment