Inovatif! FKR Ciptakan Portable Charger untuk Korban Gempa Cianjur

28 November 2022 - 10:47 WIB
Foto : Sudirman Warmad/detikJabar

Tribratanews.polri.go.id – Cianjur. Banyak relawan yang terjun secara langsung memberikan bantuan kemanusiaan untuk para korban gempa Cianjur, Jawa Barat. Berbagai cara digunakan para relawan mulai dari memberikan donasi berupa uang, namun tak sedikit memberikan tenaga dan waktunya.

Berbeda dengan apa yang dilakukan relawan Forum Kreativitas Remaja (FKR). Bantuan yang mereka berikan terbilang menarik dan inovatif dengan menciptakan alat bernama FKR Mini Power Station. Alat ini dapat membantu isi ulang daya baterai ponsel menggunakan sumber listrik dari kendaraan. Relawan asal Bandung membawa alat tersebut karena aliran listrik di daerah terdampak gempa mengalami gangguan. 

Baca Juga : Pemulihan Listrik Pasca Gempa, Polda Jabar Bantu Pengamanan PLN Cianjur

"Pas dengar kabar pertama Cianjur gelap gulita. Kita membuat alat-alat ini," jelas pendiri dan pembina FKR Fajar Nurrochman dilansir dari detikJabar, Sabtu (26/11/2022).

Fajar bersama dua rekannya tiba di Cianjur pada Jumat (25/11/2022) kemarin. Dia mengaku bahan yang dipergunakan pada alat ciptaannya berasal dari limbah. Satu alat bisa digunakan untuk mengisi ulang daya baterai delapan unit ponsel.

FKR didominasi para pelajar. Mereka membantu warga yang terdampak gempa dan relawan lainnya semampunya. Hingga akhirnya FKR pun membuat alat tersebut. FKR membawa lima unit FKR Mini Power Station.

"Genset kan harganya mahal, kita tidak punya. Logistik juga tidak sebanyak komunitas relawan lainnya. Kita berikan sesuai kapasitas kita. Komunitas lain memang sudah keren-keren, punya ambulans dan lainnya," ungkap Fajar.

Fajar mengaku punya misi untuk terus memproduksi FKR Mini Power Station. Ia tak menyangka alat sederhana itu diminati warga dan relawan yang membutuhkan bantuan kelistrikan. Sebab, meski listrik sudah pulih, namun kerap sering padam. Alat sederhana yang dibuat komunitas FKR ini bisa menjadi alternatif.

Hari pertama tiba, FKR langsung keliling menawarkan alatnya dan digunakan di beberapa posko, seperti Relawan Indonesia, posko warga dan relawan lainnya.

FKR Mini Station ini dijadikan sebagai tempat mengisi daya baterai ponsel, power bank, lampu portable dan lainnya. Sumber listriknya memanfaatkan aki motor. Relawan FKR berkeliling menggunakan motor dari tenda ke tenda.

"Ini baru pertama kita buat. Dulu, waktu bencana Gunung Merapi kita buka les gratis, waktu gempa Tasik, Padang, dan tsunami Aceh juga kita kirim bantuan," jelas Fajar.

(fz/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment