Ini 7 Pesan Kadiv Humas Kepada Satgas Humas Ops Puri Agung KTT G20 Bali

31 October 2022 - 11:48 WIB
Sumber Foto : Divisi Humas Polri

Tribratanews.polri.go.id -  Jakarta. Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. melaksanakan gelar pasukan Satgas Humas Ops Puri Agung dalam rangkaian kegiatan pengamanan dan pengawalan KTT G20 yang berlangsung dari tanggal 7-18 November 2022.

Menurut Irjen Dedi Prasetyo, Divisi Humas Polri menjadi salah satu satgas yang terlibat untuk melaksanakan tugas peliputan, pemantauan, publikasi dan glorifikasi kegiatan pengamanan dan pengawalan KTT G20.

Dalam apel tersebut Kadiv Humas menekankan tujuh poin yang harus menjadi perhatian utama pada personel Humas Mabes Polri yaitu;

Tim Divisi Humas yang akan diberangkatkan ke Bali sebanyak 16 personel dan beberapa tambahan personel dan Sarprasnya, setiap personel yang ditunjuk harus memahami konsep dan tujuan operasi Puri Agung 2022 dan menjabarkannya sesuai fungsinya masing-masing dikendalikan oleh Kaposko.

Baca Juga : Kapolda dan Gubernur Bali Tinjau Kesiapan Venue G20

Tunjukkan perubahan struktur fungsi humas dalam operasi kepolisian betul- betul signifikan terukur keberhasilan dalam sebuah operasi, terutama mengkomunikasikan kepada publik, sebagaimana diatur Dalam Perkap 1 Tahun 2019, sehingga kinerja Polri jelas terlihat dan dirasakan langsung masyarakat, serta mampu meningkatkan kepercayaan masyarakat,’’ ungkap Kadiv Humas.

Selanjutnya, perlu dukungan pemantauan isu baik internasional, regional, maupun lokal sebagai bahan memprediksi dan mengantisipasi segala potensi ancaman. Oleh sebab itu, dibutuhkan keseriusan dan tanggung jawab setiap Subsatgas baik dilapangan maupun Posko Satgas Humas dengan memperhatikan kecepatan, validitas setiap detail informasi, kemampuan kehumasan yang baik, serta adaptif dalam setiap perkembangan;

‘’Dinamika pelaporan, waktu dan format agar segera sesuaikan dengan permintaan Posko Ops Puri Agung 2022, baik pelaporan berbasis aplikasi yaitu S.O.T maupun pelaporan manual,’’ jelas Kadiv Humas.

Kadiv juga menambahkan untuk berdayakan peralatan peliputan yang baru di tahun 2022 antara lain kamera berkualitas tinggi, teleprompter, telecaster, serta kelengkapan lainnya. Tingkatkan pelatihan penggunaannya agar lebih siap di lapangan, serta lakukan kolaborasi dengan media selaku mitra strategis sehingga hasilnya semakin optimal.

‘’Jaga kesehatan diri dan lingkungan, ikuti semua teknis yang sudah diagendakan, serta hindari permasalahan yang dapat mengganggu jalannya operasi,’’ tutup Kadiv Humas.


(rb/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment