Indonesia-Arab Saudi Komitmen Dukung Upaya Penyelesaian Konflik Palestina-Israel

1 May 2024 - 15:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menyebut Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi telah menunjukkan komitmen bersama dalam mendukung upaya penyelesaian konflik Palestina-Israel.

"Indonesia mengapresiasi upaya bersama dengan Arab Saudi dalam kerangka Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk menggalang dukungan bagi penyelesaian konflik Israel-Palestina," ujar Wapres Ma'ruf Amin melalui siaran pers, Rabu (1/5/24).

Wapres Ma'ruf Amin mengungkapkan bahwa memburuknya situasi telah menciptakan destabilisasi keamanan di kawasan tersebut. Pemerintah Indonesia pun konsisten menyuarakan penolakan atas apa yang dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina.

Baca Juga: Gempa Magnitudo 3,5 Guncang Wilayah Pangandaran, Jawa barat Pagi Ini

"Indonesia mendorong semua pihak untuk segera menghentikan kekerasan serta memastikan penyaluran bantuan kemanusiaan dapat diterima oleh rakyat Palestina," tegas Wapres Ma'ruf Amin.

Sebagai anggota OKI, Wapres menyampaikan, baik Indonesia maupun Arab Saudi juga telah menunjukkan komitmen bersama dalam mendukung upaya penyelesaian konflik Palestina-Israel.

Menanggapi hal itu, Menteri Haji dan Umrah Kerajaan Arab Saudi Tawfiq bin Fauzan Al-Rabiah menekankan bahwa Pemerintah Arab Saudi sejalan dengan komitmen Pemerintah Indonesia dalam menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

"Terkait dengan isu Palestina, kami juga sepakat dengan yang Mulia bahwa apa yang telah terjadi di sana merupakan bentuk pelanggaran yang sangat nyata dari negara kolonial, yaitu Israel," ujar Menteri Tawfiq.

Arab Saudi mengapresiasi posisi Indonesia yang selama ini dengan penuh ketegasan dan konsisten membela hak-hak bangsa Palestina.

"Sebagaimana Yang Mulia ketahui, karena tekad Arab Saudi yang sangat tinggi untuk membela hak-hak bangsa Palestina, Kami telah menyelenggarakan KTT Luar Biasa OKI pada bulan Oktober yang lalu di Riyadh dan Presiden Republik Indonesia juga turut hadir dalam kesempatan tersebut," jelas Menteri Tawfiq.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment