Hujan Menjadi Identik Saat Imlek ?

10 February 2024 - 08:30 WIB
Ayojakarta

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Tahun Baru China atau biasa disebut Imlek, kerap kali dikaitkan dengan hujan. Pertanyaannya, kenapa Imlek identik dengan hujan.

Dikutip dari CNN, saat wawancara bersama, Pakar feng shui Yulius Fang, mengatakan, hujan adalah sesuatu yang patut disyukuri, apalagi saat turun di hari raya Imlek.

"Setiap hujan di awal tahun [baru China] diartikan sebagai sinyal ekonomi bagus di tahun tersebut," ujarnya, Jumat (09/02/24).

Baca Juga: Polres Kepulauan Yapen Laksanakan Apel Gelar Pasukan Untuk Kesiapan Pengamanan TPS Jelang Pemilu 2024

Kepercayaan masyarakat akan berkah yang diberikan hujan tentu tak muncul ujug-ujug. Hal ini berkaitan dengan sejarah perayaan Imlek.

Ribuan tahun lalu, mayoritas masyarakat China adalah petani. Tahun baru dijadikan momen syukur karena mampu melalui musim dingin dengan baik.

Kaum petani yakin, jika hujan turun, maka tandanya kemakmuran panen bisa didapat setahun ke depan. Hal ini setidaknya menjelaskan kenapa Imlek selalu identik dengan hujan.

Namun demikian, Ia berpendapat bahwa kepercayaan itu sudah tak relevan lagi dengan kondisi saat ini.

Selanjutnya ia mengungkapkan bahwa di zaman kiwari, petani tak jadi satu-satunya mata pencaharian. Hal ini membuat pandangan tentang hujan bisa jadi berbeda.

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment