Habiskan Puluhan Ton Garam, BMKG Modifikasi Cuaca IKN

16 July 2024 - 11:00 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Kaltim. Perekayasa Ahli Muda Kedeputian Bidang Modifikasi Cuaca BMKG Pusat, Adi Bayu Rusandi, ST., MS.i., mengatakan sejak bulan Februari hingga 16 Juni 2024 BMKG melakukan sebanyak tiga periode modifikasi cuaca untuk percepatan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Dan selama itu BMKG menghabiskan puluhan ton garam.

Periode pertama dimulai 25-26 Februari, kemudian periode kedua pada 22-26 April 2024, dan periode ketiga telah dimulai sejak 24-26 juni 2024. 

“ Periode pertama tujuannya untuk pembasahan area Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), untuk mengurangi debu pada saat pengerjaan konstruksi. Periode kedua untuk meningkatkan tampungan waduk Sepaku Semoi, terakhir modifikasi cuaca untuk memperlancar proses konstruksi jalan dan Bandara di IKN,” ujarnya, dilansir dari laman RRI, Senin(15/7/24).

Baca Juga: Menteri ATR/BPN: 87 Kasus Mafia Tanah Jadi Target Operasi pada 2024

Dalam kesempatannya ia mengatakan bahwa periode modifikasi cuaca selanjutnya akan dilakkan Juni, Juli hingga Agustus 2024 dilakukan dengan tujuan redistribusi curah hujan di wilayah IKN.

Hal ini dilakukan mencakup persiapan pembersihan area dari debu, menjelang pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-79 pada agustus mendatang.

“Operasi modifikasi cuaca yang kita jalankan, sebanyak 38 penerbangan sorted penyemaian,  total 23 hari modifikasi cuaca, serta 75 jam 55 menit total durasi penerbangan. Kemudian dari modifikasi ini, menghabiskan bahan semai garam sebanyak 22 ton 400 kilogram, ini data terhitung hingga tanggal 9 juli 2024,” ujarnya.

Disampaikannya pelaksanaan periode pertama atas kerja sama Badan Riset dan Inovasi Nasional (Brin), namun periode selanjutnya dilaksanakan oleh BMKG. Dengan sokongan anggaran modifikasi cuaca dari Kementerian PUPR, serta TNI AU yag memberi dukungan satu unit pesawat jenis Casa 212 seri 400.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment