Guna Mencapai Herd Immunity, Kapolda Jambi Minta Kades untuk Aktif Ajak Warga Vaksinasi

23 February 2022 - 09:59 WIB
Tribratanews.polri.go.id – Jambi. Kapolda Jambi, Irjen. Pol. Albertus Rachmad Wibowo, S.I.K., meminta Kepala Desa di Provinsi Jambi aktif mengajak warga melakukan vaksinasi agar terlindung dari COVID-19, Selasa (22/2).

"Kades harus aktif ajak warga divaksin, juga untuk menyukseskan vaksinasi di Provinsi Jambi agar target tercapai," tegas Kapolda Jambi.

“Saat ini, masih banyak masyarakat di Provinsi Jambi yang belum tervaksin terutama di pelosok pedesaan. Maka dari itu, diminta kepada seluruh kepala desa yang ada di seluruh Provinsi Jambi untuk aktif mengajak warganya vaksinasi,” imbau Kapolda Jambi.

Kapolda juga menjelaskan, di Provinsi Jambi ada lima kelompok yang divaksin, seperti vaksin tenaga kesehatan (nakes), pelayan publik, lanjut usia (lansia), remaja dan anak. Untuk nakes dan pelayan publik, di Provinsi Jambi sudah hampir 100 persen semuanya, namun ada beberapa kabupaten kota dalam Provinsi Jambi belum mencapai 100 persen.

"Yang perlu kita kejar adalah vaksin untuk lansia, anak dan remaja, dimana paling kecil itu ada di bagian barat Provinsi Jambi, seperti Kabupaten Merangin, Kerinci dan Sarolangun, di sana capaian vaksinasi rata-rata masih rendah dan harus dilakukan peningkatan kerjasama seluruh pihak (stakeholder) untuk mengajak masyarakat di vaksin," ungkap Kapolda Jambi.

Kapolda menjelaskan, di Kabupaten Kerinci ada sebanyak 285 desa dimana diharapkan setiap kepala desanya bisa membawa sebanyak 20 warganya untuk divaksin. Sehingga per hari bisa mencapai 5.700 tervaksinasi dimana target vaksinasinya di Kerinci cuma sebanyak 1.950, jadi cukup besar.

Polda Jambi mencatat, hingga Senin 21 Februari 2022, capaian vaksinasi di Provinsi Jambi untuk dosis pertama mencapai 90,40 persen dan dosis kedua sebanyak 64,50 persen. Sedangkan, khusus untuk vaksinasi lansia dosis pertama 68,29 persen dan untuk dosis kedua 48,68 persen, sementara itu vaksinasi anak dosis pertama 57,86 persen dan untuk dosis kedua 13,50 persen.

"Jadi, saya meminta kepada seluruh kepala desa (kades) harus aktif, karena bapak-bapak sudah dipilih masyarakat, bapak punya dana desa, bapak punya kewajiban memvaksin warganya sebanyak banyaknya," imbau Kapolda Jambi.

"Bila ada kesulitan, seperti tidak ada tenaga kesehatan jangan takut, ada Kapolsek, Danramil, Babinsa serta Bhabinkamtibmas dan laporkan kepada saya apabila mereka tidak mau membantu Kepala Desa untuk memvaksin," tegas Kapolda Jambi.

(fa/bq/uf)

Share this post

Sign in to leave a comment