Gempa Magnitudo 7,3 Guncang Wilayah Chile, Amerika Selatan

19 July 2024 - 12:20 WIB
ilustrasi

Tribratanews.polri.go.id - Gempa dahsyat berkekuatan Magnitudo 7,3 mengguncang wilayah Chile, Amerika Selatan, Jumat (19/7/24), gempa terjadi sekitar pukul 08.50.46 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan dari hasil analisis gempa tersebut memiliki kekuatan magnitudo 7,3. Episenter gempa terletak pada koordinat 23,25° LS dan 67,92° BB, atau tepatnya berlokasi di darat 47 km arah timur Kota San Pedro de Atacama, Chile dengan kedalaman 93 km.

“Hingga pukul 10.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan hanya terjadi satu kali aktivitas gempabumi susulan (aftershock) dengan magnitudo 5,0 pada pukul 9.15.51 WIB,” jelas Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dilansir dari okezone.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah yang dipicu deformasi batuan dalam Lempeng Nazca yang tersubduksi di bawah Chile tepatnya di Zona Benioff (intraslab earthquake).

Selain itu, dari hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini memiliki mekanisme pergerakan turun (normal fault).

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” tutupnya

(ek/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment