Forkopimda Jatim Distribusikan Bahan Pokok ke Pulau Masalembu

2 March 2023 - 21:27 WIB
Foto : Dok.Polda Jatim

Tribratanews.polri.go.id - Surabaya. Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Jawa Timur mendistribusikan bantuan kebutuhan bahan pokok pangan untuk penduduk di Pulau Masalembu, Kabupaten Sumenep, Rabu (1/3/23). Karena cuaca ekstrim, dalam seminggu terakhir stok kebutuhan pokok di wilayah itu menipis. Kegiatan pelayaran penumpang dan logistik juga lumpuh total.

Gubernur Jawa Timur Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., menjelaskan bantuan logistik berupa 15 ton beras, 5 ton gula, 1000 bungkus minyak 2 liter, 1.700 kaleng sarden, 2.000 pcs mie instan, 300 tabung LPG 3 kg dikirim menggunakan KRI Malahayati 362. Kapal milik TNI AL itu berangkat dari Dermaga Madura Tengah Koarmada II Surabaya. 

Baca Juga : Jumlah Pemudik Diprediksi Meningkat, Korlantas Polri Siapkan Jalur Mudik Lebaran 2023

“Kapal akan menempuh perjalanan sekitar 14 jam dan diperkirakan akan lego jangkar di sebelah timur Pulau Masalembu Kamis (2/3/23) pukul 06.00 WIB,” jelas Khofifah didamping Kapolda Jatim Irjen. Pol. Dr. Drs. Toni Harmanto, M.H., dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah, serta Kasdam V/Brawijaya Brigadir Jenderal TNI Piek Budyakto, S.H., M.H., usai melepas langsung bantuan bahan pokok pangan tersebut.

Khofifah mengatakan pelepasan bantuan logistik ini sebagai respons cepat dan komitmen jajaran Forkopimda Jatim untuk segera mengirimkan bantuan logistik bagi masyarakat di Pulau Masalembu, Sumenep.

Khofifah mengungkapkan, alasannya mengirim bantuan dengan kapal kapal TNI AL. Karena gelombang ombak yang cukup tinggi dan dari hasil assessment harus dengan menggunakan kapal perang. Kapal biasa atau kapal logistik biasa, tidak memungkinkan mengirimkan logistik di tengah ombak yang tinggi.

“Pelepasan bantuan logistik ini sebagai respons cepat dan komitmen jajaran Forkopimda Jatim untuk segera mengirimkan bantuan logistik bagi masyarakat di Pulau Masalembu, Sumenep. Kami berharap bantuan yang kami berikan bisa didistribukan kepada yang membutuhkan,” tutup Gubernur Jatim.

(ek/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment