Dukung Ketahanan Pangan Nasional, Kapolda Jateng Bersama Pangdam IV/Diponegoro Lakukan Panen Raya Padi di Pemalang

19 July 2020 - 12:38 WIB
Tribratanews.polri.go.id - Pemalang. Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, Polda Jawa Tengah bersama Kodam IV Diponegoro, Komisi III DPR RI dan Pemerintah Kabupaten Pemalang melaksanakan kegiatan panen raya padi, panen mangga arumanis dan penaburan benih ikan nila di Kabupaten Pemalang, Sabtu (18/7/20).


Kapolda Jateng Irjen Pol Achmad Lutfi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum titik balik sebagaimana instruksi Presiden RI agar TNI-Polri segera ikut serta dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional. “Dan ini direspon baik, seluruh jajaran khususnya Polda Jawa Tengah dan Kodam IV/Diponegoro telah menyiapkan kegiatan-kegiatan untuk mengeliminir dampak Covid-19 di wilayah masing-masing,” jelasnya.


Irjen Pol Achmad Lutfi juga mengatakan kegiatan untuk melakukan ketahanan pangan akan terus dilakukan di seluruh wilayah Jawa Tengah. "Ini akan terus kita lakukan. Bukan hanya panen raya padi saja namun juga akan melakukan penaburan benih ikan, panen mangga, dan buah lainnya," jelas Jenderal Bintang Dua tersebut.


Kapolda menambahkan bahwa Kegiatan panen raya padi yang dilakukan juga sebagai bentuk edukasi pada masyarakat agar ikut memperkuat ketahanan pangan nasional. "Ini semua dilakukan untuk mendidik masyarakat memperkuat ketahanan pangan nasional," jelas Kapolda.


Tidak hanya panen raya padi, Kapolda didampingi Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho juga melaksanakan kegiatan panen mangga arumanis di Kabupaten Pemalang. Berlangsung di perkebunan mangga Desa Penggarit, Taman, Pemalang, Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengungkapkan, panen mangga arumanis di lahan seluas 70 hektar dapat menghasilkan hingga 150 kilogram buah mangga pada setiap pohonnya.


“Di Kabupaten Pemalang, mangga arumanis dari Desa Penggarit lebih dikenal dengan sebutan mangga istana, karena cara menyantap yang unik dan daging buahnya manis dan segar,” terang Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho.


(bg/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment