[Disinformasi] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

4 November 2023 - 07:15 WIB
Foto : Kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook yang berisikan tautan link YouTube dengan judul "warga Solo tolak kedatangan gibran & Prabowo, masyarakat cerdas bersama Anies".

Dalam postingan tersebut juga menampilkan sejumlah orang sedang berdemonstrasi dengan narasi "KECEWA PUTUSAN MK SOLO BERDEMOKRASI DETIK-DETIK WARGA TOLAK KEDATANGAN PRABOWO GIBRAN".

Baca Juga: KPU Pastikan Debat Pilpres 2024 Akan Digelar 5 Kali


Faktanya, Judul dan isi video tidak sesuai, narator hanya membacakan artikel berita dari news.detik.com yang diunggah pada hari Jumat, 27 Oktober 2023 dengan judul "Warga Solo Gugat ke MK, Hanya Gubernur U-40 yang Bisa Nyawapres".

Sang narator hanya membahas beberapa warga Solo yang mengajukan gugatan ke MK terkait syarat calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Dalam gambar thumnbnail pada video tersebut juga merupakan hasil rekayasa. Gambar aslinya adalah momen ketika ribuan warga Kota Depok, Provinsi Jawa Barat melakukan demonstrasi menolak penerapan sistem satu arah (SSA) pada 7 September 2017.

(As/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment