[Disinformasi] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

6 November 2023 - 06:45 WIB
foto : kominfo.go.id

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Beredar postingan video di Facebook dengan klaim bawa Google menampilkan hasil elektabilitas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dalam postingan tersebut turut ditampilkan thumbnail video siluet gambar tiga bakal calon presiden (bacapres), yakni Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto dengan narasi "Survei Google adalah survei real, tanpa kepentingan, apalagi terima bayaran dari suatu capres tertentu".

Baca Juga: Polda Aceh Gelar Bakti Kesehatan dan Bakti Sosial Dan Penanaman Pohon


Faktanya, dilansir dari cekfakta.tempo.co, Associate Professor of Data Science Monash University Indonesia Derry Wijaya menuturkan bahwa data yang dihasilkan oleh Google Trends tidak sama dengan data elektabilitas yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga survei.

Diberitakan sebelumnya Google Trends hanya memberikan informasi seberapa sering pencarian suatu topik dalam jangka waktu tertentu.

Disebutkan pula bahwa data yang dihasilkan oleh Google Trends bukanlah suatu kajian ilmiah sehingga harus dibedakan dengan data yang dihasilkan oleh lembaga-lembaga survei.

Dapat dipastikan klaim bahwa Google menampilkan hasil elektabilitas Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

(as/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment