Dinas Kesehatan dan Perwakilan UNICEF Global Lakukan Pemeriksaan Penyakit di Mamberamo Tengah

17 March 2023 - 14:00 WIB
Polda Papua

Tribratanews.polri.go.id - Papua. Dinas Kesehatan Mamberamo Tengah dan perwakilan UNICEF Global melaksanakan pemeriksaan Malaria di Aula Wira Satya Pradhana Polres Mamberamo Tengah, Kamis (16/3/23).

Kedatangan Dinas kesehatan Mamteng (Mamberamo Tengah) dengan perwakilan UNICEF disambut oleh Kapolres Mamberamo Tengah Kompol Sudirman. Ia mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan yang diwakili oleh Kabid P2P Dinkes Kabupaten Mamteng dan perwakilan UNICEF yang telah hadir untuk melakukan pemeriksaan Malaria kepada anggota Polres dan ibu Bhayangkari.

Baca juga : Kapusjarah Polri Kunjungi Ngawi, Catat Sejarah Peradaban Indonesia di Jawa Timur

“Pemeriksaan ini dilaksanakan dengan maksud untuk mengetahui malaria varian apa yang ada dalam tubuh kita, sehingga demi kesehatan kita seluruh anggota Polres Mamteng harus melakukan pemeriksaan malaria,” ungkap Kompol Sudirman dalam keterangannya, Kamis (16/3/23).

Dalam kegiatan tersebut Kadinkes diwakili oleh Kabid P2P bapak Eli Pagawak memberikan beberapa arahan mengenai penyakit malaria khususnya di kabupaten Mamteng terdapat 140 kasus dan terbanyak berada di Distrik Megambilis karena merupakan daerah panas sedangkan 4 distrik lainnya seperti Distrik Kobakma, Distrik Ilugwa, Distrik Eragayam dan Distrik Kelila yang berada di daerah dingin sehingga kemungkinan untuk terkena malaria sangat kecil namun yang perlu di antisipasi adalah warga yang datang dari luar ke kabupaten Mamteng karena biasanya membawa bibit malaria sehingga perlu dilakukan pemeriksaan.

Sementara itu perwakilan UNICEF Indonesia, Syafarrudin mengungkapkan bahwa tujuan pihaknya kesini agar dapat mengeliminasi penyakit malaria di kabupaten Mamberamo Tengah sehingga tidak ada lagi malaria pada tahun 2023 dalam arti penyakit malaria bukan berasal dari kabupaten Mamberamo Tengah tapi penyakit malaria ini dari masyarakat yang datang dari luar Kabupaten Mamberamo Tengah.

Kegiatan diakhiri dengan pengambilan sampel darah oleh tim medis untuk pemeriksaan malaria kepada sekitar kurang lebih 60 personel Polres Mamberamo Tengah dan ibu Bhayangkari.

(fa/af/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment