Cuaca Hujan Perparah Endapan Lahar Dingin Semeru

9 December 2022 - 17:31 WIB
Headtopics.com

Tribratanews.polri.go.id - Surabaya. Hujan abu vulkanik menerjang Desa Supit Urang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Kamis (8/12/22) pukul 20.30 WIB. Hujan abu ini bersamaan dengan hujan deras mengguyur lereng Gunung Semeru. Akibatnya, sisa endapan lahar dingin di aliran lava Semeru kembali terangkat menjadi hujan abu.

Anggota Senior Tim Rescue Ikatan Remaja Anti Narkotika Pecinta Alam (Irannala) menjelaskan, Gunung Semeru memuntahkan awan panas sekitar pukul 19.30 WIB ditandai suara letupan. Kemudian, sekitar pukul 20.30 WIB mulai turun hujan.

Baca juga : [UPDATE] Jumat, 9 Desember 2022, Gunung Semeru 24 Kali Erupsi dan Kawah Keluarkan Asap Setinggi 300 Meter

“Kami melakukan pemantauan dari jarak antara 7-9 KM dari puncak Semeru segera mengevakuasi diri menghindari awan panas. Karena tidak berselang lama hujan deras mengguyur,” jelasnya, dikutip dari detik.com, Jumat (9/12/22).

Dia menerangkan, hujan abu tersebut membuat jarak pandang terbatas dan memaksa para relawan menyalakan senter untuk memantau situasi sekitar. Situasi di sekitar jalur alternatif Curah Kobokan, Dusun Supit Urang sangat gelap. Bukan karena pekatnya malam melainkan karena pekatnya hujan abu yang melanda.

“Paling parah terdampak hujan abu di Supit Urang, desa tertinggi dekat puncak Semeru. Hujan abu tidak sampai ke Penanggal," tutup Tim Rescue Irannala. 

(af/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment