BNPT: Program Sinergitas K/L Signifikan Ubah Kehidupan Napiter

1 August 2024 - 16:00 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebut keberhasilan program sinergisitas yang dilakukan oleh kementerian/lembaga (k/l) sangat signifikan dalam mengubah kehidupan narapidana teroris (napiter), keluarga, dan jaringannya agar tidak mudah untuk kembali terjerumus paham radikal terorisme.

Ketua Tim Kerja Pelaksanaan Sinergisitas BNPT Eddy Purwanto menilai langkah yang dilakukan oleh k/l dalam program sinergisitas dapat memperbaiki dan meningkatkan taraf hidup mereka sehingga semakin baik dan tidak mudah terpapar kembali terorisme.

"Alhamdulillah, 2023 tidak ada serangan terorisme di Indonesia," ujar Ketua Tim Eddy, Kamis (1/8/24). 

Baca Juga: Jelang Pilkada 2024, Polda Sulsel Gelar Apel Pasukan Operasi Mantap Praja

Maka dari itu, Ketua Tim Eddy mengimbau seluruh k/l di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian) dapat melaksanakan program sinergisitas penanggulangan terorisme yang lebih tepat sasaran, terpadu, dan berdampak.

Ia menegaskan, rencana aksi program sinergisitas penanggulangan terorisme harus dapat menyentuh dan memberikan dampak, sehingga penerima manfaat program harus tepat sasaran dan sesuai dengan lokasi khusus (lokus) sinergisitas.

Di satu sisi, bantuan yang diberikan k/l kepada penerima manfaat program sinergisitas penanggulangan terorisme juga perlu terus diawasi agar bantuan tersebut dapat memberikan manfaat maksimal.

"Bantuan yang diberikan juga harus diawasi dan dimonitor agar penerima manfaat dapat menggunakannya dengan baik," ungkap Ketua Tim Eddy.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment