BNPT: Program Pendampingan Tingkatkan Kualitas SDM Mitra Deradikalisasi

7 October 2024 - 20:30 WIB
Source Foto: Antara

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyebutkan program pendampingan dan edukasi meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) para mitra deradikalisasi.

Kepala BNPT Komjen Pol. Eddy Hartono mengatakan program pendampingan dan edukasi BNPT membantu mitra deradikalisasi agar lebih siap kembali ke tengah masyarakat dengan dibekali sejumlah keahlian dan kompetensi sesuai dengan minat bakat mereka.

"Kami akan terus melakukan pendampingan, melakukan edukasi, penetrasi, dan harus sabar, karena ini adalah proses yang penting. BNPT tetap hadir untuk mitra deradikalisasi," ujar Kepala BNPT, Senin (7/10/24).

Untuk itu, ia menegaskan, BNPT akan terus hadir melakukan pendampingan dan terus mengedukasi mitra deradikalisasi dalam upaya meningkatkan kualitas SDM.

Dalam mewujudkan keberhasilan program tersebut, BNPT menggandeng kementerian/lembaga terkait dengan didukung Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror (AT) Polri dan pemerintah daerah beserta forum koordinasi pimpinan daerah (Forkopimda) untuk melakukan pendampingan.

Kepala BNPT menuturkan melalui berbagai program dengan kementerian/lembaga terkait, BNPT akan terus melakukan pendampingan kepada mitra deradikalisasi, sehingga ke depannya dapat menjalankan berbagai kegiatan positif.

"Dengan demikian para mitra deradikalisasi ini bisa melanjutkan dengan berbagai hal yang positif seperti kegiatan kewirausahaan dan mengajar, baik di sekolah dasar maupun pendidikan anak usia dini (PAUD)," jelas Kepala BNPT.

Terakhir, ia mengatakan pemerintah akan terus berupaya memfasilitasi kebutuhan mitra deradikalisasi agar ke depan mereka akan semakin mandiri sehingga jauh dari kemungkinan kembali terpapar paham intoleran radikal terorisme.

(ndt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment