BNPB Sebut Helikopter Disiagakan Bantu Penanganan Erupsi Gunung Ruang

22 April 2024 - 08:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan, Dr. Abdul Muhari, S.Si., M.T., menyebutkan Helikopter akan disiagakan untuk membantu upaya penanganan darurat bagi warga yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

"Ada satu unit helikopter yang disiagakan di Lapangan Bola Stadion Klabat, Kota Manado. Helikopter ini siap mendukung segala keperluan kedaruratan baik untuk mengangkut bantuan logistik maupun evakuasi warga di Kepulauan Sitaro,” ujarnya, dilansir dari laman RRI, Minggu (21/4/24). 

Baca Juga: Antisipasi Eskalasi Meningkat, Polisi Terapkan Rekayasa Lalin di Sekitar MK

Dalam keterangannya, ia berharap upaya penanganan darurat evakuasi dan penyaluran bantuan bisa berjalan maksimal. Pasalnya, sebelumnya hanya mengandalkan transportasi kapal laut dari Basarnas dan TNI AL untuk menyalurkan bantuan.

"Keselamatan warga menjadi hal yang diprioritaskan. Ada 11.624 warga di Kepulauan Sitato yang terdampak dari erupsi Gunung Ruang yang terjadi pada Kamis, 18 April 2024,” jelasnya.

Dr. Abdul Muhari, memastikan sebagian besar warga yang terdampak sudah mengungsi di sejumlah tempat pengungsian yang telah disiapkan. Mulai dari Posko Darurat, rumah ibadah hingga rumah kerabat masing-masing.

(fa/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment