BNPB Imbau Warga Banggai Laut Waspada Banjir Susulan

15 June 2024 - 21:30 WIB
RRI

Tribratanews.polri.go.id - Banggai. Badan Nasional Penanggulangan Bencana kembali melaporkan kondisi terkini banjir di kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Hingga kini, 111 unit rumah warga dan satu fasum terendam dengan ketinggian air mencapai 20-50 sentimeter.

"Sebanyak 17 kepala keluarga (KK) dari 165 KK terdampak, mengungsi. Akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah pada Kamis (13/6/2024)," ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, dilansir dari laman RRI, Sabtu (15/6/24).

Banjir di kabupaten Banggai Laut yang terjadi sejak Kamis (13/6/2024) akibat hujan dengan intensitas tinggi dan meluapnya air sungai. Adapun kecamatan yang terdampak yaitu Kecamatan Banggai, Banggai Selatan, dan Banggai tengah.

Dalam keterangannya,, ia menyebutkan bahwa BPBD Kabupaten Banggai Laut, tengah melakukan pendataan dan berkoordinasi dengan Kepala Desa setempat. Hal ini guna memastikan langkah penanganan banjir berjalan dengan baik. 

Ia mengatakan, saat ini warga terdampak banjir masih memerlukan bantuan.

"Kebutuhan mendesak saat ini di lapangan antara lain makanan siap saji, air bersih, dan jaringan listrik," ujarnya.

Berdasarkan laporan yang diterima BNPB, Kabupaten Banggai Laut masih diguyur hujan hingga Jumat malam.

"Kondisi mutakhir pada Jumat (14/6) pukul 19.00 WIB, hujan masih berlangsung dengan intensitas sedang," jelasnya.

BNPB mengimbau warga kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah, agar waspada terhadap potensi banjir susulan. Pasalnya, prakiraan cuaca BMKG menunjukkan wilayah Kabupaten Banggai Laut berpotensi hujan ringan hingga tinggi sampai dengan hari Minggu (16/6/2024). 

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment