Berikut Beberapa Minuman Khas Yogyakarta

6 June 2022 - 08:33 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Yogyakarta atau biasa disebut Jogja merupakan salah satu daerah yang memiliki segudang destinasi wisata, tak terkecuali wisata kuliner. Tak sedikit pelancong yang berkunjung ke Kota Pelajar ini demi mencicipi sajian tradisionalnya. Salah satu makanan yang populer adalah Gudeg. Minggu, (5/6/22).

Namun, selain makanan, Jogja juga punya resep minuman tradisional yang tak kalah menggoda untuk dicoba. Minuman Khas Jogja Minuman khas Jogja memiliki cita rasa khas nusantara dengan campuran rempah yang segar, hangat, dan menyehatkan.

Berikut Beberapa Minuman Khas Yogyakarta  :

1. Bir Pletok

Minuman yang sudah ada sejak tahun 1930-an ini kerap dikonsumsi oleh masyarakat setempat untuk menghangatkan tubuh. Walaupun diberi nama bir, ramuan tradisional ini tidak mengandung alkohol sama sekali. Bir pletok terbuat dari rempah-rempah, seperti kapulaga, serai, pandan, kayu secang, dan cengkih.

2. Wedang Uwuh

Uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah. Tapi tenang, meski diberi nama demikian, minuman ini sebenarnya adalah ramuan menyehatkan yang terbuat dari bermacam dedaunan dan rempah-rempah.

Wedang uwuh kerap disesap selagi hangat. Waktu terbaik untuk menikmati wedang uwuh adalah saat musim hujan dan udara sedang dingin-dinginnya.

3. Es Semlo

Minuman khas Jogja dengan bahan rempah lainnya adalah es semlo. Minuman dingin menyegarkan ini terbuat dari bahan-bahan seperti buah pisang, jeruk nipis, gula pasir, dan beberapa rempah tradisional lainnya.

Minuman ini disebut-sebut sebagai minuman favorit kaum keraton Yogyakarta dan termasuk minuman kesukaan Sultan Hamengkubuwono IX. Dengan campuran rempahnya, minuman ini mampu menyegarkan dahaga sekaligus membuat tubuh rileks.

4. Wedang Ronde

Wedang ronde termasuk minuman khas Jogja yang sudah terkenal di hampir seluruh penjuru Nusantara. Minuman ini sebenarnya merupakan minuman khas masyarakat Tionghoa yang telah diracik dengan menyesuaikan lidah lokal.

Minuman yang juga ditemukan di sekitaran Jawa Barat ini terbuat dari bahan utama berupa jahe yang menguatkan rasa hangat.

5. Sarsaparila

Minuman bersoda ini dulu sempat populer pada tahun 1960-an. Namun saat ini, minuman jenis limun ini semakin sulit dicari. Minuman sejenis limun dengan warna ungu kecokelatan ini merupakan hasil fermentasi dari tanaman saparella, khas Pulau Jawa. Minuman ini dulunya merupakan minuman favorit kaum ningrat dan para bangsawan keraton Jogja.

Share this post

Sign in to leave a comment