Berikut Beberapa Makanan Khas Dari Gorontalo

3 August 2022 - 18:25 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Kota ini terkenal dengan keindahan alamnya yang eksotis. Gorontalo memang terkenal, namun masih jarang dikunjungi, sehingga keindahan alamnya masih terjaga secara alami tidak hanya alam saja tapi terdapat kuliner khas Gorontalo. Rabu, (03/08/22).

Kekayaan Gorontalo melampaui keindahan alam. Namun, dalam hal memasak, Gorontalo juga menyimpan banyak kuliner khas Gorontalo yang tidak kalah dengan yang berasal dari daerah lain.

Berikut Beberapa Makanan Khas Dari Gorontalo :

1. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta merupakan makanan khas di Gorontalo, makanan khas ini terbuat dari Jagung Gorontalo terkenal sebagai daerah penghasil jagung yang subur.

Oleh masyarakat pribumi, hasil bumi tersebut dimanfaatkan untuk menciptakan kuliner khas Gorontalo, yaitu ‘Binte Biluhuta’ yang berasal dari bahasa Gorontalo.

Nama Binte yang berarti jagung, sedangkan Biluhuta yaitu disiram jadi diartikan secara bahasa adalah makanan jagung yang disiram.

2. Ayam Iloni

Ayam Iloni merupakan makanan khas Gorontalo bagi para wisatawan kuliner, manfaatkanlah waktu untuk bisa mencicipi makanan khas yang satu ini.

Ayam Iloni ini adalah ayam bakar hanya saja yang membedakan jenis bahan-bahan bumbunya yang memiliki cita rasa khas Gorontalo.

3. Ilabulo

Makanan khas dari Gorontalo adalah makanan Ilabulo. Mungkin bagi mereka yang bukan orang Gorontalo jika melihat makanan ini pasti akan mengira pepes.

Ilabulo memang tampak sekilas seperti pepes dan Ilabulo adalah makanan khas Gorontalo yang terbuat dari sagu dan hati ayam.

Dalam pengolahannya dimasak menggunakan santan dan biasanya Ilabulo disajikan oleh masyarakat Gorontalo sebagai hidangan makan siang.

4. Sate Tuna Gorontalo

Terbayangkan bagaimana rasa kelezatan dan gurihnya. Sate Tuna Gorontalo ini unik memang dan Sate Tuna ini menjadikan makanan khas yang ada di Gorontalo.

Biasanya bahan yang dibuat sate terbuat dari daging ayam atau daging sapi namun di Gorontalo khasnya menggunakan daging ikan tuna. Sate Tuna dengan olahan bumbu yang kaya akan rempah-rempahnya membuat cita rasa sate tuna ini berbeda rasanya.

5. Sayur Putungo

Sayur Putungo, masakan khas Gorontalo yang terbuat dari bahan dasar menggunakan jantung pisang yang tak kalah lezatnya.

6. Duduli

Duduli merupakan makanan khas yang serupa dengan dodol. Duduli adalah makanan khas tradisional dari daerah Gorontalo yang enak.

Pengolahan Duduli masih menggunakan cara yang tradisional namun rasanya tidak kalah enak dengan makanan lain.

Bahan utama dari Duduli adalah beras ketan yang di olah dengan gula merah dan santan yang di bungkus dengan daun woka.

7. Tili Aya

Kuliner Tili Aya adalah jajanan khas wisata kuliner Gorontalo dan Tili Aya ini memang memiliki nama yang unik.

Sebenarnya kuliner ini berbahan dasar gula merah yang dicampur dengan telur, santan dan bahan dasar gula merah ini yang menjadikan rasanya tentu manis.

Sumber : sewaktu.com

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.267.137

Sembuh

6.057.237

Meninggal

157.171

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 13 August 2022 - 13:35
Sign in to leave a comment