Berikut Beberapa Macam Batik Yang Ada Di Indonesia

1 August 2022 - 19:27 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Batik adalah budaya warisan Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO, artinya batik diakui di mata dunia berasal dari Indonesia.

Di Indonesia sendiri, ada banyak sekali macam macam batik dengan motif yang unik dan mengandung filosofi menarik. Perbedaan jenis batik ini dipengaruhi oleh suku, ras, dan nilai-nilai budaya. Senin, (01/08/22).

Berikut Beberapa Macam Batik Yang Ada Di Indonesia :

1. Batik Parang Kusumo (Solo)

Kota Solo terkenal sebagai salah satu kota batik di Indonesia yang menghasilkan banyak macam macam batik Nusantara berbagai motif. Salah satu jenis batik terkenal dari Solo adalah batik parang kusumo, yakni batik yang memiliki motif menyerupai gulungan ombak lautan.

Motif tersebut mengandung filosofi bahwa hidup dilandasi oleh perjuangan dan usaha untuk mencapai kemakmuran lahir batin dengan mengindahkan nilai-nilai kebudayaan Jawa.

2. Batik Mega Mendung (Cirebon)

Batik mega mendung asal Cirebon memiliki gumpalan awan yang dipercantik dengan tujuh gradasi warna untuk menciptakan kesan mendung. Filosofi batik mega mendung adalah manusia harus bisa meredam emosinya dalam kondisi apapun.

3. Batik Sidomukti (Solo)

Batik sidomukti asal Solo dicat menggunakan zat pewarna soga alam, yakni pewarna berwarna coklat yang digunakan dalam seni batik klasik. Filosofi dari batik sidomukti adalah sesuai dengan kemuliaan dan kesejahteraan sebagaimana fungsinya untuk keraton.

4. Batik Tujuh Rupa (Pekalongan)

Kota Pekalongan dijuluki sebagai Kota Batik, meskipun batik tumbuh di Yogyakarta dan Solo. Salah satu batik terkenal asal Pekalongan adalah batik tujuh rupa yang mengandung filosofi ikatan kebudayaan leluhur.

5. Batik Lasem (Rembang)

Daerah Lasem, Rembang, diketahui sebagai daerah yang pertama kali menerima kedatangan Tionghoa. Oleh karena adanya pengaruh kebudayaan Tionghoa, batik lasem pun didominasi warna merah. Filosofi dari batik ini adalah persatuan dan akulturasi budaya Tionghoa dengan masyarakat setempat.

6. Batik Singa Barong (Cirebon)

Sesuai namanya, batik singa barong asal Cirebon menggunakan motif hewan mitologi yang bersifat spiritual.

7. Batik Sekar Jagad (Yogyakarta & Solo)

Batik sekar Jagad adalah salah satu dari macam macam batik Nusantara yang memiliki motif unik. Motif batik asal Yogyakarta ini melambangkan keragaman Nusantara dan dunia.

8. Batik Pring Sedapur (Magetan)

Batik pring sedapur memiliki motif yang sesuai dengan namanya, yakni menggunakan motif bambu. Adapun makna dari motifnya adalah melambangkan simbol ketentraman dan kerukunan hidup.

9. Batik Sidoluhur (Solo)

Batik sidoluhur asal Solo diperuntukkan untuk acara pernikahan karena dipakai pengantin wanita pada saat malam pengantin. Filosofi yang terkandung dalam batik ini adalah sebuah bentuk doa kepada pemakainya supaya menjadi orang yang terhormat dan bermartabat.

10. Batik Tambal (Yogyakarta)

Pada zaman dahulu, batik tambal asal Yogyakarta digunakan untuk menyelimuti orang yang sakit karena dipercaya dapat membantu kesembuhan.

Sumber : rumah123.com

Share this post

Data Perkembangan Covid-19 Indonesia

Positif

6.267.137

Sembuh

6.057.237

Meninggal

157.171

Sumber: covid19.go.id
Last Updated: 13 August 2022 - 13:35
Sign in to leave a comment