Berikut Beberapa Keajaiban yang Ada di Dunia

25 July 2022 - 22:41 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Keajaiban Dunia merupakan tempat atau keadaan alam yang terdapat di dunia dan tampak sangat menakjubkan karena memiliki banyak keistimewaan. Mulai dari bentuknya yang unik, megah, hingga mengandung nilai sejarah. Senin, (25/07/22).

Berikut Beberapa Keajaiban yang Ada di Dunia :

1. Tembok Besar China

Tembok Besar China merupakan tembok terpanjang yang berada di wilayah Tiongkok. Bangunan ini merupakan kumpulan tembok-tembok pendek yang mengikuti bentuk pegunungan Tiongkok bagian utara.

Menurut catatan sejarah, serangkaian tembok ini pada awalnya dibangun oleh kerajaan dan negara Tiongkok selama bertahun-tahun, dimulai pada awal abad ke-7 SM.

Selain termasuk keajaiban dunia, tembok ini juga dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Chichen Itza, Meksiko

Chichen Itza merupakan situs arkeologi peninggalan suku Maya yang terletak di Meksiko. Situs ini dibangun pada abad 800 SM selama periode Terminal Klasik oleh orang Maya.

Chichen Itza diyakini sebagai salah satu pusat peradaban bangsa Maya kuno. Situs ini terdiri dari kompleks candi yang cukup luas dan tiap candi saling terpisah dengan yang lainnya.

3. Petra, Yordania

Petra merupakan situs arkeologi yang terletak di Yordania bagian selatan. Situs ini memiliki nilai sejarah dan arsitektur yang sangat besar sehingga menjadikannya salah satu objek wisata paling populer di dunia.

Petra dibangun sekitar awal 312 SM sebagai ibu kota dari Nabath. Situs ini memiliki lanskap struktur bangunan yang unik sehingga sangat dinikmati wisatawan. Tidak hanya menjadi bagian dari keajaiban dunia, Petra juga ditetapkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia.

4. Machu Picchu, Peru

Machu Picchu merupakan salah satu dari keajaiban dunia berupa lokasi reruntuhan Kota Inca pra-Kolumbus yang terletak di Cusco, Peru. Situs ini berada di wilayah Pegunungan Andes.

Dalam catatan sejarah, Machu Picchu diketahui dibangun sebagai perkebunan sekitar tahun 1450. Situs ini berkembang sebagai kota, tetapi ditinggalkan satu abad kemudian selama Penaklukkan Spanyol.

Situs ini juga dianggap sebagai mahakarya arsitektur karena memiliki struktur kota dan lanskap yang khas, dengan banyak nilai sejarah di dalamnya.

5. Patung Kristus Penebus, Brasil

Patung Kristus Penepus merupakan salah satu simbol ikonik Brasil, berupa patung Yesus Kristus bergaya Art Deco yang terletak di Rio de Janeiro. Patung setinggi 38 meter ini berdiri di puncak Gunung Corcovado.

Penghargaan untuk membangun patung itu diberikan kepada Paul Landowski, seorang pematung asal Prancis. Sementara pematung asal Rumania, Gheorghe Leonida, bertanggung jawab untuk membentuk wajah.

6. Koloseum, Italia

Koloseum merupakan peninggalan bersejarah berupa arena gladiator yang berdiri di Roma, Italia. Bangunan ini dikenal juga dengan sebutan Flavian Amphitheatre.

Koloseum menjadi salah satu karya terbesar dari arsitektur Kekaisaran Romawi. Bangunan ini berbentuk oval yang dibangun dari beton dan pasir. Pembangunannya dilakukan sekitar tahun 72 M hingga 80 M.

7. Taj Mahal, India

Taj Mahal merupakan monumen yang terletak di Agra, India. Monumen ini terkenal hingga ke penjuru dunia karena nilai sejarah, kisah di baliknya, dan keindahannya yang mengagumkan.

Taj Mahal menjadi rumah bagi makam Mumtaz Mahal, istri Kaisar Mughal Shah Jahan. Selain termasuk 7 Keajaiban Dunia, monumen ini juga dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia.

Share this post

Sign in to leave a comment