Berikut adalah oleh-oleh khas Sorong Papua Barat yang terkenal.

18 May 2022 - 02:48 WIB

Tribratanews.polri.go.id - Sorong termasuk destinasi wisata favorit wisatawan, baik lokal maupun mancanegara karena menjadi lokasi Raja Ampat yang merupakan objek wisata populer di Indonesia. Selain mengunjungi berbagai tempatnya yang menarik, pastinya terasa kurang jika tak membeli oleh-oleh daerahnya. Selasa, (17/5/22).

Berikut adalah oleh-oleh khas Sorong Papua Barat yang terkenal.

1. Kue lontar

Sajian manis ini mempunyai rasa yang mirip dengan pai susu yang merupakan oleh-oleh khas Bali. Menurut sejarah, kue ini adalah sajian yang dibawa Belanda ke tanah Sorong. Dalam Bahasa Belanda, kue ini mempunyai arti “londart” yang berarti kue berbentuk lingkaran.

Namun karena penduduk Sorong kesulitan dalam menyebutkannya, pada akhirnya mereka memberikan nama lontar. Bentuknya agak berbeda dengan pai susu Bali, yang mana 7x lebih besar. Selain itu, kue mempunyai pinggiran biasa yang mirip dengan kelopak bunga.

2. Kopi senang

Ini adalah Kopi Senang yang menjadi produsen satu-satunya yang ada di kota ini. Wisatawan dapat memilih mulai dari biji kopi, bubuk kopi, kopi saset, dan kopi celup. Rasanya pun beragam. Mereka bisa membeli arabika, robusta atau campuran antara arabika-robusta.

3. Abon gulung

Abon gulung adalah makanan sejenis roti gulung. Sajian ini mempunyai varian isian seperti abon, potongan daun bawang, dan daging cincang. Terdapat pula variasi lainnya yang tak kalah menggoyang lidah seperti tuna, sosis, cokelat, dan susu.

Bahan-bahan pembuatannya antara lain gula, telur, tepung, pengembang roti, dan mentega. Kemudian untuk memperkaya rasa, maka di atasnya diberi serutan keju, taburan wijen, dan potongan kacang kenari.

4. Buah merah

Banyak wisatawan yang berminat untuk menjadikan buah merah sebagai oleh-oleh karena berbagai manfaatnya bagi kesehatan. Buah ini mampu melawan sel kanker seperti kanker payudara, paru-paru, dan serviks. Menurut kabar yang beredar, makan buah ini juga dapat memperpanjang usia. Namun masih belum diuji kebenarannya.

5. Sagu lempeng

Sagu lempeng menjadi kudapan khas Sorong yang mempunyai rasa yang agak tawar dan biasanya disantap bersamaan dengan secangkir teh dan kopi. Umumnya makanan ini dicelupkan ke dalam cangkir teh atau kopi.

Share this post

Sign in to leave a comment