Bank Indonesia : Kualitas dan Performa UMKM Unggulan di Papua Siap Bersaing di Nasional dan Internasional

20 May 2024 - 19:30 WIB
Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Jayapura. Kantor Perwakilan (KPW) Bank Indonesia (BI) Papua menyebutkan bahwa pelaksanaan 40 pelaku usaha serta kelompok sadar wisata atau pokdarwis di Bumi Cenderawasih berhasil meraih kesuksesan melalui sinergi dan kolaborasi BI, Pemerintah Provinsi Papua, UMKM, perbankan, serta seluruh instansi dan stakeholders terkait hingga mendapatkan total omzet sebesar Rp646.279.500, Senin (20/5/24).

Terkait hal tersebut, Kepala BI Papua Faturachman mengatakan bahwa berdasarkan capaian ini pihaknya melihat kualitas dan performa UMKM unggulan di Papua siap untuk bersaing di kancah nasional maupun internasional.

"Untuk itu beberapa UMKM kriya serta makanan dan minuman di Papua telah berhasil lolos untuk mengikuti Karya Kreatif Indonesia di Jakarta," ujarnya.

Menurut Kepala BI Papua, capaian frekuensi transaksi menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) terealisasi sebanyak 3.260 transaksi dengan nominal sebesar Rp586.337.000 atau 90,73 persen dari total capaian transaksi.

"Capaian tersebut melalui penerapan zona QRIS pada seluruh penjualan UMKM di Festival Cenderawasih," ungkapnya.

Kepala BI Papua juga mengatakan bahwa sinergi peningkatan digitalisasi pembayaran di Papua telah berjalan dengan baik yang mana melalui berbagai upaya, seperti sosialisasi, pendampingan dan kolaborasi.

Faturachman menambahkan sampai dengan Maret 2024, volume transaksi QRIS di Papua telah mencapai 2.470.392 transaksi terbesar ketiga se-Indonesia dan nominal transaksi sebesar Rp181 miliar.

"Realisasi yang besar ini membuktikan bahwa literasi digital pembayaran di masyarakat Papua cukup tinggi, untuk itu kami berharap ke depan penggunaan QRIS bisa lebih masif lagi pada kehidupan sehari-hari dengan begitu dapat mempermudah transaksi dan terhindar dari penyebaran uang palsu," tutupnya.

(ri/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment