ASDP Prediksi Trafik Penumpang Naik saat Long Weekend Maulid Nabi Muhammad,

15 September 2024 - 19:30 WIB
Dok: ASDP

Tribratanews.polri.go.id - Jakarta. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mempredikisi pergerakan arus penumpang dan kendaraan pada periode long weekend atau libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW relatif ramai lancar.

Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin mengungkapkan bahwa manajemen memprediksi ada kenaikan trafik penumpang dan kendaraan sekitar 7-10 persen bila dibandingkan hari normal, khususnya di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni, yang menghubungkan Pulau Jawa-Sumatera.

"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan pelayanan prima kepada pengguna jasa," ungkap Shelvy Arifin pada Minggu (15/9/24).

"Tentunya dengan mempersiapkan berbagai fasilitas layanan memadai, termasuk berkoordinasi aktif dengan regulator BPTD yang berwenang dalam pengaturan jadwal kapal," ungkap Shelvy Arifin.

Shelvy Arifin juga menjelaskan bahwa berdasarkan Data Posko Merak pada Jumat (13/9) hingga Sabtu (14/9) pagi, tercatat sekitar 40.623 orang telah menyeberang dari Jawa menuju Sumatera.

Jumlah ini naik 50 persen dibanding hari normal sebelumnya pada Kamis (12/9) sebanyak 27.090 orang. Adapun kapal yang beroperasi selama 24 jam sebanyak 28 unit yang melayani hingga 107 trip.

Total seluruh kendaraan yang menyeberang pada Jumat (12/9) kemarin, tercatat 10.521 unit dari Jawa ke Sumatera atau naik 48 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 7.090 unit.

Corporate Secretary ASDP itu juga mengimbau kepada pengguna jasa yang akan bepergian dengan kapal ferry, khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, agar membeli tiket sejak jauh hari melalui aplikasi ataupun mitra resmi Ferizy.

Pengguna jasa juga diharapkan tidak melakukan pembelian tiket melalui calo untuk mencegah kerugian bagi penumpang khususnya pencatatan data manifest yang tidak valid.

"Agar penumpang dapat tertib, tetap mengikuti arahan petugas kapal dan pelabuhan untuk keselamatan dan keamanan bersama. Pastikan juga, kondisi stamina Anda dan kendaraan dalam keadaan prima demi kelancaran perjalanan liburan," tutup Corporate Secretary ASDP.

(pt/hn/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment