Arus Mudik dan Arus Balik Lebaran Tahun 2024 Diprediksi Akan Meningkat dari Tahun Sebelumnya

25 March 2024 - 12:00 WIB
bengkuluekspress

Tribratanews.polri.go.id - Bengkulu. Arus mudik dan arus balik pada lebaran tahun 2024 diprediksi akan meningkat 30% dari tahun sebelumnya. Hal itu dijelaskan langsung oleh Dirlantas Polda Bengkulu, Kombes Pol. Joko Suprayitno, Minggu (22/3/24).

"Kementerian Perhubungan dan Korlantas Polri memprediksi adanya peningkatan dalam arus mudik maupun arus balik Hari Raya Idul Fitri sebesar 30%. Peningkatan ini menunjukkan jumlah yang fantastis," jelasnya, dilansir dari bengkuluekspress.

Meningkatnya jumlah arus mudik dan arus balik ini dikarenakan euforia mudik pasca covid-19 yang masih terjadi di tengah masyarakat.

Baca Juga: Polda Papua Pertebal Pengamanan di Paniai

Oleh sebab itu, menghadapi arus mudik ini pihaknya akan mempersiapkan berbagai langkah guna pengaturan lalu lintas berjalan lancar.

"Dalam waktu dekat kita akan mendampingi Kapolda ke Jakarta untuk membahas persiapan jelang Hari Raya Idul Fitri bersama sejumlah kementerian," tambahnya.

Selain itu jelang arus mudik pihaknya juga akan menggelar Operasi Ketupat Nala yang nantinya akan diikuti oleh berbagai instansi terkait.

Pada operasi ketupat nala ini nantinya akan didirikan sejumlah pos. Baik pos pelayanan maupun pos keamanan yang disiagakan di sejumlah titik yang telah disiapkan.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Dirlantas Polda Bengkulu lebih dulu mengimbau masyarakat untuk mengecek kendaraan-kendaraan yang akan dibawa selama mudik.

Tanpa terkecuali, mengecek kondisi tubuh alias kesehatan masyarakat menjadi hal yang paling utama sebelum melakukan arus mudik lebaran 2024.

"Kita dari Ditlantas Polda Bengkulu mengimbau agar saat akan berpergian untuk lebih dulu mengecek kendaraannya. Masih ada waktu untuk menservice kendaraannya sebelum mudik. Selain itu kesehatan menjadi faktor utama sebelum melakikan perjalanan arus mudik," tutupnya.

(ek/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment