Arus Balik Mudik 2024, Polda Banten Pisahkan Jalur Roda 2 dan Roda 4

11 April 2024 - 09:00 WIB
Akurat

Tribratanews.polri.go.id - Banten. Kepolisian Daerah Banten, telah melakukan persiapan terkait puncak arus balik dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak pada Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah.

Kapolda Banten, Irjen. Pol. Abdul Karim, S.I.K., M.Si., mengatakan, jalur yang akan digunakan untuk menghadapi arus balik dari Pelabuhan Bakauheni ke Pelabuhan Merak adalah jalur Cikuasa Atas dan jalur Cikuasa Bawah.

"Yang pertama mengenai jalur, jalur yang digunakan ada dua yakni jalur Cikuasa Atas dan Cikuasa Bawah. Cikuasa atas diprioritaskan kendaraan bus dan kendaraan pribadi yang mengarah ke Tol Merak," ujarnya, dilansir dari laman Akurat, Rabu (10/04/24).

Dalam keterangannya, Kapolda Banten menyebutkan bahwa terkait dengan pengemudi sepeda motor yang keluar dari Pelabuhan Merak, akan diarahkan menuju jalur Cikuasa Bawah atau jalur arteri. Pihaknya juga akan melakukan pengawalan dari Pelabuhan Merak.

Baca Juga: Apakah Daun Insulin Ampuh Atasi Diabetes? Ini Penjelasannya

"Khusus untuk pengemudi sepeda motor akan dilakukan pengawalan dari Pelabuhan Merak dan diantar hingga transit pertama yaitu di Polresta Serang Kota. Kemudian dilanjutkan ke lokasi transit kedua yaitu di Balaraja Kabupaten Tangerang, dan dilanjutkan hingga perbatasan Jakarta dan bisa menggunakan jalurnya masing-masing. Pengaturan sepeda motor akan kita koordinir, kita kawal, dan kita atur," jelasnya.

Irjen. Pol. Abdul Karim, berharap agar pemudik bisa memahami mekanisme arus mudik yang telah dipersiapkan oleh Polda Banten, terlebih arus balik terjadi bersamaan dengan arus wisata.

"Arus balik bersamaan dengan arus wisata karena pada saat arus balik Sabtu-Minggu pada saat itu juga banyak masyarakat yang melakukan wisata ke Anyer," jelasnya.

Diketahui, sebagai informasi, bahwa pihak Kepolisian akan melakukan pengamanan terkait arus balik Lebaran 2024 mulai Jumat (12/4/24) sampai ke Senin (15/4/24). Adapun puncak arus balik diprediksi terjadi pada Sabtu (13/4/24) dan Minggu (14/4/24).

(fa/pr/nm)

Share this post

Sign in to leave a comment