Arus Balik Lebaran 2023, Polresta Cirebon Catat 350 Ribu Kendaraan Lintasi Jalur Arteri

27 April 2023 - 15:00 WIB
Foto: Antaranews

Tribratanews.polri.go.id - Cirebon. Polisi mencatat selama arus balik Lebaran 2023 hingga Rabu (26/4/23) terdapat 350 kendaraan melintas jalur arteri, dan diperkirakan akan terdapat puncak kedua.

"Sekarang arus balik yang sudah melintas di arteri Cirebon sudah tercatat sekitar 350 ribu kendaraan baik sepeda motor maupun mobil," jelas Kapolresta Cirebon Kombes. Pol. Arif Budiman, S.I.K., M.H., dilansir dari laman antaranews, Rabu (26/4/23).

Kombes. Pol. Arif Budiman mengatakan pada masa arus mudik kendaraan yang melintas di pos pengamatan yang berada di Losari, perbatasan Jawa Tengah, mencapai 740 ribu kendaraan. Sementara untuk arus balik hingga Rabu (26/4/23) yang melintas di pos tersebut yaitu 350 ribu kendaraan, sehingga masih ada arus balik, dan diperkirakan terjadi pada hari Minggu.

Baca Juga: Berikut Manfaat Stroberi Untuk Kesehatan yang Harus Diketahui

"Jumlah kendaraan melintas dari pospam Losari pada masa arus balik naik signifikan, dan diperkirakan akan terus naik. Di prediksi puncak arus balik gelombang kedua akan terjadi pada akhir pekan ini, mengingat kendaraan yang melintas saat ini baru 60 persen dari jumlah kendaraan saat arus mudik,” jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, untuk mengurangi kepadatan arus lalu lintas, petugas Kepolisian melakukan rekayasa lalu lintas, dengan menerapkan sistem manual di setiap persimpangan yang dilintasi oleh para pemudik. Prediksi puncak arus balik kedua pada akhir pekan ini, sifatnya situasional tapi kalau dilihat data kendaraan jalur arteri maupun tol jumlah kendaraan yang arus balik baru 50 hingga 60 persen, masih ada sisa sekitar 40 persen kendaraan.

(bg/hn/pr/um)

Share this post

Sign in to leave a comment