Antisipasi Karhutla, Kapolda Jambi Minta Kabupaten Lakukan Tindakan Preventif Sebagai Langkah Awal Pencegahan Kebakaran

17 July 2020 - 10:21 WIB
Tribratanews.polri.go.id – Jambi. Kapolda Jambi, Irjen Pol. Drs. Firman Shantyabudi, M.Si., memimpin rapat kerja pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) bersama Danrem 042/Gapu Brigjen TNI M Zulkifli dan Kepala BPBD Provinsi Jambi Bacyuni Deliansyah, Kamis (16/7).

Kapolda Jambi meminta agar upaya preventif atau pencegahan perlu ditingkatkan untuk mengantisipasi terjadinya Karhutla di Jambi. Langkah preventif harus dilakukan langsung kepada masyarakat dan pihak perusahaan.

"Setiap kabupaten harus melakukan tindakan preventif sebagai langkah awal untuk pencegahan kebakaran," tegas Kapolda Jambi. Kapolda Jambi juga berharap setiap masyarakat dan pelaku perusahaan harus siap siaga, jangan sampai penegakan hukum dari kasus Karhutla dilakukan.

"Saya berharap jangan sampai ada api, sehingga langkah terakhir yakni penegakan hukum bisa dieliminasi, karena untuk melakukan penyidikan di Karhutla ini sangat mahal," imbau Kapolda Jambi. Selain itu, kesehatan masyarakat juga sangat berarti, dengan adanya lahan yang kebakar banyak menimbulkan efek buruk bagi masyarakat.

"Nanti akan kita ubah pola pikir masyarakat untuk tetap menjaga lahan dan jangan membuka lahan dengan cara dibakar," pungkas Kapolda Jambi.

(fa/bq/hy)

Share this post

Sign in to leave a comment