Angkat Budaya Lokal di Mata Dunia, Polda Banten Akan Gelar Seminar Golok Internasional

12 November 2022 - 12:12 WIB
Foto (medcom.id)

Tribratanews.polri.go.id - Banten. Polda Banten menyelenggarakan Seminar Golok Internasional di Mata Dunia, di Aula Serbaguna Polda Banten, Sabtu (12/11/22). Seminar digelar untuk mendukung upaya penetapan golok Banten menjadi salah satu warisan Indonesia yang mendunia.

Kabid Humas Polda Banten Kombes. Pol. Shinto Silitonga menjelaskan, seminar tersebut akan diikuti 13 negar. Di antaranya, Belanda, Prancis, Italia, Amerika Serikat, Brasil, Malaysia, Uni Emirat Arab, dan Meksiko. Selain dari luar negeri, ada juga peserta dari dalam negeri yang akan hadir.

Baca juga : Kapolri Hadiri Acara Istighosah dan Silaturahmi dengan Ulama Banten

"Peserta dalam negeri ada 100 orang, yaitu para pecinta golok dan kelompok pencak silat,” tegas Kombes. Pol. Shinto Silitonga, Sabtu, (12/11/22).

Kombes. Pol. Shinto Silitonga mengungkapkan, seminar diisi dengan 3 acara, yakni seminar, penobatan tokoh golok pusaka Indonesia, dan pameran golok pusaka ratusan tahun. Adapun tujuan akhir dari kegiatan seminar ini adalah golok diakui UNESCO sebagai bagian dari pusaka Indonesia.

Dalam seminar, Kapolda Banten Irjen. Pol. Rudy Heriyanto pun merilis buku berjudul “Jejak Polda Banten dalam Melestarikan Golok Pusaka, Sebuah Perjalanan Pelestarian Budaya Adiluhung dari Banten Menuju Eropa”

(bg/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment