5 Cita Rasa Makanan Khas Aceh, Mie Aceh Bikin Ketagihan

8 October 2022 - 21:01 WIB
https://medan.tribunnews.com/

Tribratanews.polri.go.id - Aceh dikenal dengan kulinernya yang kaya akan rempah-rempah. Sehingga makanan asal Aceh ini memiliki cita rasa khas yang autentik. Selain tampilannya yang menggugah selera, makanan khas aceh memiliki rasa lezat yang dapat memanjakan lidah.

Inilah beberapa makanan khas Aceh

1. Mie Aceh

Makanan rekomendasi Aceh yang mungkin sudah Anda ketahui adalah Mie Aceh. Makanan ini digemari banyak orang dan mudah ditemukan di luar Aceh. Mie aceh dikenal dengan mienya yang tebal dengan topping udang, daging sapi, dan makanan laut.

2. Kue Timphan

Kue Timphan merupakan kue khas Aceh yang sering terlihat saat Idul Fitri dan Idul Adha. Karena kue ini biasanya hanya dibuat pada hari-hari penting, kue tradisional ini menjadi andalan untuk menjamu tamu di hari raya Idul Fitri.

3. Sie Reuboh

Sie reuboh adalah masakan khas Aceh yang terbuat dari daging sapi dan lemak. Sepintas, masakan ini menyerupai rendang basah.

4. Masak Mirah

Masak Mirah merupakan masakan khas Aceh yang sering terlihat pada acara pernikahan dan perayaan lainnya saat bulan puasa bahkan hari-hari penyambutan menjelang Ramadhan.

5. Sate Matang

Awalnya disebut sate matang karena diperkenalkan di kota Matang Glumpang Dua di Bireun. Kini sate matang bisa ditemukan di beberapa kota besar Aceh dan Medan. Bahan utama dalam sate ini adalah daging kambing. Namun, karena harga daging kambing mahal, jadi sate ini dibuat dengan daging sapi.

Sumber: https://medan.tribunnews.com/2022/10/07/7-kuliner-khas-aceh-makanan-enak-dan-lezat-yang-wajib-dicoba-ketika-berkunjung-ke-acehtribunnews.com

 
(ek/hn/um)

Share this post

Sign in to leave a comment